Gus Yasin: UMKM Jateng-Jabar Bisa Saling Berkolaborasi Penuhi Pasar Luar Negeri

Wagub Taj Yasin mendampingi Gubernur Ridwan Kamil saat berkunjung ke Galeri UMKM di Kota Lama Semarang, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah siap menyambut kolaborasi dari Pemprov Jawa Barat, terkait pengembangan produk UMKM kedua daerah tersebut. Sebab, tujuannya, untuk memajukan produk UMKM dua provinsi tersebut sampai ke tingkat dunia.

Wagub Taj Yasin Maimoen mengatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan pujian terhadap produk-produk UMKM di Kota Semarang dan Jateng pada khususnya. Pernyataan itu dikatakannya saat menemani Gubernur Ridwan Kamil di Kota Lama, kemarin.

Gus Yasin menjelaskan, pemprov siap menyambut baik itikad dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan siap untuk mengkolaborasikan produk-produk UMKM dari Jateng. Termasuk, wacana investasi dari Jabar ke Kota Lama Semarang.

Menurut Gus Yasin, salah satu produk UMKM yang bisa dikolaborasikan bersama Pemprov Jabar adalah kain batik. Terlebih lagi, UNESCO sudah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda.

“Harusnya satu dengan yang lainnya harus saling mengisi, bukan hanya Jawa Tengah dan Jawa Barat saja. Di Jawa Timur ada Madura, dan di provinsi yang kita kolaborasikan. Toh, kekuatan itu nantinya dilirij di luar negeri enggak mungkin kita hanya Jawa Tengah bisa memenuhi kebutuhan dari luar negeri. Jadi, kita harus semuanya. Saya ingat waktu di China seperti itu,” kata Gus Yasin.

Gus Yasin berharap, kolaborasi produk UMKM dari Jateng dan Jabar bisa terwujud. Sehingga, nantinya mampu untuk memenuhi permintaan batik dari mancanegara.

Sementara itu Gubernur Ridwan Kamil menambahkan, kolaborasi produk UMKM antara dua provinsi itu juga bertujuan menambah pengalaman bagi para pelaku UMKM dari kedua daerah. Sehingga, para pelaku UMKM tidak mudah cepat puas diri dan bisa terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Menurut saya, memang harus ada sinergitas dan interaksi dengan pelaku UMKM dari daerah lain. Jawa Barat dan Jawa Tengah bisa saling berkolaborasi, untuk semakin menumbuhkan kreativitas bagi pelaku UMKM,” ucap Ridwan Kamil. (Bud)

Artikel sebelumnyaGus Yasin: Jabar Memang Layak Jadi Juara Umum PON XX Papua
Artikel selanjutnyaRidwan Kamil Kagumi Kemegahan Kota Lama Semarang

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini