Memahami Obat-obatan dan Bijak Mengonsumsinya bersama Prof Zullies Ikawati

Prof Zullies Ikawati
Prof Zullies Ikawati, Guru Besar Fakultas Farmasi pada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (Photo: uinjkt.ac.id)

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketika ada teman atau saudara yang sakit, pasti kita akan bingung, terlebih disaat pandemi seperti sekarang ini. Ada info tentang obat penyembuh Covid-19, langsung dibeli untuk dikonsumsi. Harapannya agar orang yang sakit tersebut segera sembuh dan sehat.

Berpacu dengan waktu dan maut, mungkin itu yang ada dibenak keluarga pasien. Tapi tahukah Anda, jika kita salah memberikan obat untuk orang yang sedang sakit, tanpa petunjuk yang benar, bisa berakibat fatal. Bukannya sembuh, tapi malah justru sakitnya makin parah atau malah kehilangan nyawa.

Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan obat Ivermectin, katanya merupakan obat yang dikenal sebagai obat anti-parasit. Saking hebohnya, harga obat ini melambung tinggi hingga mencapai ratusan ribu per strip dari harga normal.

Ilustrasi
Ilustrasi/Istimewa

Sebenarnya bagaimana cara tepat memilih obat untuk orang sakit agar orang sakit tersebut bisa sembuh? Dan bukan malah tambah sakit. Bagaimana dengan obat Ivermectin yang konon bisa menyembuhkan Covid-19?

Guna mengetahui jawabannya, selengkapnya berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Guru Besar Fakultas Farmasi pada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Zullies Ikawati. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMengurai Darurat Oksigen, Bagaimana Jalan Keluarnya?
Artikel selanjutnyaSurya Gas Industri Alihkan Produksi Oksigen Untuk RS

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini