Mengenal Achmad Darisman Pembudidaya Tanaman Buah dari Pati

Pati, Idola 92.6 FM – Untuk mengembalikan keanekaragaman hayati di wilayah Kabupaten Pati, yang sebagian sudah hilang, lelaki satu ini tergerak untuk mengembangkan budidaya tanaman buah. Selain itu, melalui program Trees4Trees, sebuah lembaga nirlaba—dimana ia menjadi konsultannya, yang diikuti membagikan aneka bibit tanaman bernilai ekonomi sejak tahun 2008.

Lelaki itu adalah Achmad Darisman, pembudidaya tanaman buah dari Pati Jawa Tengah sekaligus konsultan Trees4Trees. Darisman sudah cukup lama bergelut dalam bidang agroforestri. Ia pernah berkarier di perusahaan kehutanan di Kalimantan Timur selama 15 tahun. Setelah itu, ia memilih berhenti kerja pada 2007 karena ingin mendampingi istri dan anak-anaknya.

Tujuan dari pria lulusan Teknologi Hasil Hutan Fakultas Kehutanan IPB University ini untuk mengembalikan keanekaragaman hayati di Kabupaten Pati. Pohon-pohon seperti kayu manis, kemiri, dan gayam mulai menghilang sehingga perlu dikembalikan.

Pelatihan Master TreeGrower Indonesia
Pelatihan Master TreeGrower Indonesia juga melibatkan perempuan. (Photo dok Darisman)

Selengkapnya, mengenal budidaya tanaman buah di Kabupaten Pati berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Achmad Darisman, Pembudidaya tanaman buah dari Pati Jawa Tengah sekaligus konsultan Trees4Trees. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPangdam Akan Kawal Program Bantuan Dari Pemerintah Pusat
Artikel selanjutnyaBisakah Pandemi Kita Jadikan Sebagai Momentum Memperbaiki Relasi Dasar Manusia?