Mengenal Belimbing Dewa dari Kota Depok bersama Nanang Yusup

Nanang Yusup
Nanang Yusup petani/Ketua Asosiasi Belimbing Dewa di Kelompok Tani Kalilicin Depok sedang mengikuti gelar produk acara Petani Milenal Nasional di Cibodas.(photo dok Nanang)

Depok, Idola 92.6 FM – Dari Pancoran Mas Kota Depok, Jawa Barat, petani satu ini terus membudidayakan dan mengenalkan buah belimbing dewa ke luar daerah. Ia bersama para petani lain yang tergabung dalam Kelompok Tani Kalilicin tak malas untuk bertani belimbing manis ini.

Petani itu adalah Nanang Yusup yang juga sebagai Ketua Asosiasi Belimbing Dewa di Kelompok Tani Kalilicin Kota Depok. Kelompok Tani Kalilicin merupakan kelompok tani di Kecamatan Pancoran Mas yang dikenal juga sebagai pemasok buah belimbing untuk pasar modern maupun tradisional yang ada di kawasan Jabodetabek.

Nanang Yusup
Nanang Yusup Petani Belimbing di Kota Depok Jawa Barat. Nanang memperlihatkan hasil panen belimbing dewa, belimbing unggulan dari Kota Depok. (photo dok Nanang)

Menurut Nanang, kelompok tani tersebut memiliki 25 anggota aktif dengan masing-masing kelompok beranggotakan 10-20 orang. Dengan kolaborasi antar kelompok, maka setiap bulan mereka bisa menyalurkan buah belimbing ke pasar-pasar yang sudah menjadi langganan pengiriman.

Nanang menuturkan, di sentra belimbing ini, tidak ada bahan yang terbuang. Ia mencontohkan untuk kebutuhan pupuk, ia dan kelompoknya membuat kompos dari kotoran domba atau kambing. Sementara hewan ternak tersebut, mendapat asupan makan dari pangkasan daun belimbing. Dengan cara ini, rasa belimbing dewa menjadi manis, segar dan tahan lama atau tidak cepat busuk.

Selengkapnya mengenal budi daya buah belimbing dewa dari Kota Depok, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Nanang Yusup, Petani Belimbing di Depok. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDinkes Genjot Vaksinasi Bagi Lansia di Jateng
Artikel selanjutnyaSekuritas Karya Anak Bangsa Raih Penghargaan di IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini