Mengenal Desa Oro-oro Ombo Kota Batu, Jawara Indeks Desa Membangun Mandiri Nasional

Wiweko
Wiweko Kepala Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu Jawa Timur. (Photo dok Wiweko)

Batu, Idola 92.6 FM – Desa Oro-Oro Ombo terletak di lereng Gunung Panderman. Pembangunan di desa tersebut maju dan berkembang pesat sekali terutama di bidang pariwisata sehingga membantu warga mendapatkan pekerjaan.

Baru-baru ini, Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu Jawa Timur mendapat predikat Jawara Indeks Desa Membangun Mandiri (IDM) Nasional yang diadakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Oro-Oro Ombo mencatat skor tertinggi dengan 0,9981 poin.

Prestasi yang diraih Desa Oro-oro Ombi, tak bisa dilepaskan dari tangan dingin serta inovasi dari Wiweko, Kepala Desa yang menjabat sejak tahun 2007.

Salah satu bangunan di Desa Oro-Oro Ombo
Salah satu bangunan di Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. Selain bertani dan beternak, warga juga mulai mengelola tempat hunian bagi tamu yang berkunjung ke desa ini. (Photo dok Wiweko)

Setiap ada investor pariwisata yang masuk, Pemerintah Desa (Pemdes) Oro-Oro Ombo memastikan bahwa ada kuota khusus untuk warganya. Pada mulanya mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani dan peternak. Namun sejak ada investor masuk ke desa, warga akhirnya juga membuka bisnis baru yakni home stay bagi pengunjung/wisatawan yang hendak berlibur di desa yang tak jauh dari Bumiaji tersebut.

Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. (Video dok Wiweko):

Selengkapnya, mengenal Desa Oro-Oro Ombo dan bagaimana Pemdes mengelolanya sehingga berprestasi di kancah nasional mendapat predikat jawara IDM Nasional? Berikut perbincangan radio Idola Semarang bersama Kepala Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu Wiweko. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaSetiap Tahun Pemprov Targetkan Renovasi 100 Ribu RTLH
Artikel selanjutnyaPerlunya Meningkatkan State Capacity melalui Reformasi Birokrasi dan Meritokrasi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini