Mengenal Kopi Beririjarak NTB bersama Sopian Hadi

Sopian Hadi
Sopian Hadi sang penggagas Kopi Rau dari Lombok Timur Nusa Tenggara Barat dan kopi Beririjarak. (photo dok Sopian)

Semarang, Idola 92.6 FM – Beririjarak berada di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur dan dekat dengan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Hal ini yang membuat kopi Beririjarak punya modal untuk mengembangkan budidaya tanaman kopi dan ekowisata.

Atas potensi itu, Sopian Hadi kemudian tergerak. Ia menggagas Kopi Rau bersama komunitas Gapura. Mereka bahu membahu mengembangkan Kopi Rau dan memperkenalkannya ke dunia luar. Meski selama puluhan tahun potensi kopi Beririjarak tak dilirik, tetapi Sopian terus maju.

Pernah jatuh, tapi bangkit lagi. Dengan semangat mengangkat hasil kopi lokal agar makin terkenal, lambat laun, warga menjadi bergairah untuk berkebun kopi. Warga mulai diskusi dan minta diajarkan cara usaha kopi.

Tanaman kopi robusta
Sopian Hadi sang penggagas Kopi Rau dari Lombok Timur Nusa Tenggara Barat dengan tanaman kopi robusta. (photo dok Sopian)

Hasilnya tak sia-sia. Kini produk kopi Rau sudah bisa dinikmati pelanggan dari berbagai kota seperti Mataram, kota-kota di Kalimantan, Jawa Barat, Sulawesi dan Batam. Selain itu, pecinta kopi bisa mendapatkan kopi Rau di marketplace.

Produk Kopi Rau dari Lombok Timur
Produk Kopi Rau dari Lombok Timur siap dinikmati oleh penikmat kopi. (photo dok Sopian)

Lalu seperti apa harapan Sopian akan kopi Beririjarak ini? Berikut ini selengkapnya wawancara radio Idola Semarang bersama Sopian Hadi, penggagas Kopi Rau dari Beririjarak Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB). (yes/her)

Dengarkan podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaMenyorot Sikap Jaksa Dalam Vonis Pinangki, Udang Apa Yang Tersembunyi?
Artikel selanjutnyaPGN Bersama Stakeholder Produsen Oksigen Salurkan Bantuan Hadapi COVID-19

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini