Gatot Hardiyanto
Gatot Hardiyanto, Kepala Balai Kebun Raya Baturraden Banyumas Jawa Tengah. (photo dok Gatot)

Semarang, Idola 92.6 FM – Balai Kebun Raya Baturraden yang berada di Banyumas Jawa Tengah saat ini mengoleksi berbagai macam jenis flora. Kebun seluas luas 143,5 hektar ini berada di wilayah Desa Kemutug Lor Kecamatan Baturraden Banyumas.

Tanaman dikelompokkan dalam nama taman berdasarkan jenisnya seperti Taman Liana, Taman Obat, Taman Paku, Taman Flora of Java, Taman Bambu dan Taman Bergetah Putih. Hingga kini, Kebun Raya Baturraden mempunyai koleksi tumbuhan: 3315 spesimen, 722 spesies, 446 marga, dan 127 suku. Semua didata oleh petugas.

Kantong Semar
Salah satu koleksi Balai Kebun Raya Baturraden Banyumas yaitu Kantong Semar. Tanaman karnivora ini merupakan endemik Gunung Slamet. (photo dok Gatot)

Satu di antara koleksi yang menarik adalah Kantong Semar (nepenthes adrianii). Selain karena dilindungi tanaman karnivora ini merupakan endemik Gunung Slamet.

Di lereng Gunung Slamet ini, petugas konservasi membudidayakan puluhan spesimen tanaman kantong semar agar tidak terancam punah.

Selain mengembangkan Kantong Semar, pihaknya juga mengembangkan tanaman endemik Jawa lainnya seperti palem dan tanaman anggrek.

Selengkapnya, mengenal koleksi Balai Kebun Raya Baturraden Banyumas dan Kantong Semar, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Gatot Hardiyanto Kepala Balai Kebun Raya Baturraden Banyumas, Jawa Tengah. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPolrestabes Semarang Imbau Warga Waspadai Kejahatan Jalanan Jelang Ramadan
Artikel selanjutnyaMenyongsong Sekolah Tatap Muka: Bagaimana Menyeimbangkan Risiko Pembelajaran dan Kesehatan?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini