Mengenal Noor Asif, Seniman asal Bantul yang Berinovasi Membuat Alat Seduh Kopi Berteknologi Zadul

Noor Asif
Noor Asif seniman dari Bantul Yogyakarta berinovasi membuat alat seduh kopi Black Answered. (Photo dok Asif)

Bantul, Idola 92.6 FM – Di tengah perkembangan teknologi yang pesat di dunia racik meracik kopi, seniman yang satu ini justru memilih tekonologi lawas alias zadul (zaman dahulu). Ia adalah Noor Asif, seniman asal Bantul Yogyakarta yang berinovasi membuat alat penyeduh kopi bernama Black Answered.

Black Answered merupakan alat seduh kopi dua fungsi. Bisa sebagai espresso maker sekaligus milk steamer. Asif merancang alat seduh kopi buatannya itu dengan teknologi zadul tanpa listrik. Hanya mengandalkan kompor.

Meski cara kerja manual namun ternyata kualitasnya tak bisa diragukan jika dibandingkan dengan mesin modern. Black Answered mampu mengekstrak biji kopi maupun melakukan steam susu dengan sistem boiling atau air mendidih.

Black Answered
Alat seduh kopi “Black Answered” karya Noor Asif. Alat ini dijual dikisaran harga Rp3,5 juta.(Photo dok Asif)

Meski terkesan sederhana, alat karya Asif ini ternyata memikat pelaku usaha kopi dalam negeri dan mancanegara. Bahkan alat buatan Asif ini sudah dikirim dari Sabang sampai Merauke, dan dilirik oleh penikmat kopi dari luar negeri seperti Dubai, Malaysia, Singapura, Amerika, Mexico, Thailand dan Jerman.

Selengkapnya, mengenal Black Answered, alat penyeduh kopi berteknologi zadul, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Noor Asif, seniman asal Bantul Yogyakarta. (yes/ her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMendorong Birokrasi Peka Krisis di Tengah Pandemi
Artikel selanjutnyaPersiapan RSDC Donohudan Ditarget Selesai Pekan Ini

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini