Ngobrol Bareng Diah Widuretno, Inisiator Sekolah Pagesangan Yogyakarta

Diah Widuretno, Inisiator Sekolah Pagesangan Gunung Kidul
Diah Widuretno, Inisiator Sekolah Pagesangan Gunung Kidul, DI Yogyakarta saat bersama murid-muridnya. (photo dok Diah)

Semarang, Idola 92.6 FM – Berawal dari kegelisahannya melihat pendidikan formal yang terputus atau tak nyambung dengan realitas kehidupan, sosok yang satu ini tergerak mendirikan sekolah yang “beda”. Maka, kemudian ia mendirikan Sekolah Pagesangan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia adalah Diah Widuretno.

Didirikan sejak tahun 2008 lalu di Dusun Wintaos Desa Girimulyo Kecamatan Panggang Gunung Kidul, Sekolah Pagesangan berbeda dengan sekolah formal. Proses pendidikan Sekolah Pagesangan berlangsung di ruang terbuka dan peserta didik tak berseragam.

Proses pembelajaran di Sekolah Pagesangan berangkat dari persoalan sehari-hari yang dihadapi warga. Sekolah memilih pertanian atau pangan sebagai fokus utama pembelajaran. Selain Diah, juga ada beberapa sukarelawan dari luar Wintaos yang membantu kegiatan sekolah itu. Para sukarelawan itu, antara lain, berasal dari Yogyakarta dan Jakarta.

Selengkapnya, mengenal Sekolah Pagesangan dan keunikan yang membedakan sekolah itu dengan sekolah pada umumnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Diah Widuretno, Inisiator Sekolah Pagesangan Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaTriwulan Dua Tol Solo-Yogya Mulai Digarap
Artikel selanjutnyaKetika Para Kader Parpol Turun Bersolidaritas di Tengah Banjir