Peduli Lingkungan, Yayasan Karya Sosial Rahardja Bersihkan Pantai Tirang

Pantai Tirang
Beberapa orang memunguti sampah yang ada di pinggir pantai maupun terseret ombak di Pantai Tirang, Jumat (24/9).

Semarang, Idola 92,6 FM – Ratusan orang dari Yayasan Karya Sosial Rahardja menggelar acara bersih-bersih di Pantai Tirang, Jumat (24/9). Kurang lebih satu kilometer di sepanjang garis pantai, setiap orang memunguti sampah yang berserakan.

Ketua Yayasan Karya Sosial Rahardja Semarang Maria Carizza mengatakan aksi bersih-bersih yang dilakukan itu, merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar khususnya kawasan pesisir. Pernyataan itu dikatakannya, di sela bersih pantai dalam rangka HUT ke-40 Kekancan Mukti.

Maria menjelaskan, pihaknya memang dalam satu tahun terakhir ini konsen terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan terutama soal sampah. Bahkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang terkait pengolahan sampah.

Menurutnya, dipilihnya Pantai Tirang sebagai lokasi bersih pantai karena setiap akhir pekan cukup banyak pengunjungnya. Sehingga, potensi sampah limbah pengunjung harus diperhatikan betul.

“Kebanyakan malah saya lihat kayak kain atau selimut, mungkin bawaan dari laut itu ya. Saya juga lihat malah plastik-plastik jarang, mungkin karena pemudanya di sini aktif dan peduli terhadap lingkungan. Selain itu juga, mereka aktif menjaga pantai ini supaya selalu bersih,” kata Maria.

Maria Carizza, Ketua Yayasan Karya Sosial Rahardja Semarang:

Lebih lanjut Maria menjelaskan, yayasan yang dikelola Kekancan Group juga mempunyai rumah kompos dan mengolah sampah-sampah dari limbah perumahan ataupun hotel. Kompos-kompos hasil olahan sampah itu, juga nantinya digunakan untuk upaya penghijauan di lahan tandus.

“Rencana ke depan, kita juga akan lakukan penghijauan di sekitar Pantai Tirang ini supaya lebih asri,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengurai Seretnya Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 di Daerah
Artikel selanjutnyaSindikat Pencurian Toko Diringkus Polda Jateng

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini