Percepat Program Vaksinasi, BPJS Kesehatan Koordinasi Faskes di Semarang dan Demak

Vaksin COVID-19
Vaksin COVID-19.

Semarang, Idola 92,6 FM – BPJS Kesehatan Cabang Semarang membantu pemerintah, dalam program vaksinasi COVID-19 tahun depan. Sejumlah sosialisasi dan upaya koordinasi dilakukan, terutama di wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Kabid Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Semarang Asri Wulandari mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Semarang dan Kabupaten Demak, terutama untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19.

Asri menjelaskan, koordinasi itu dilakukan untuk memastikan aplikasi PCare Vaksinasi COVID-19 bisa beroperasi tanpa kendala. Sebab, sasaran penerima vaksin COVID-19 bersumber dari data kepesertaan yang dikelola BPJS Kesehatan untuk dikirim ke Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Menurutnya, data yang disampaikan itu untuk membantu menentukan kriteria penerima vaksin COVID-19 yang ditetapkan pemerintah.

“Kami yakin, petugas di puskesmas sudah sangat familiar dengan aplikasi PCare yang selama ini digunakan. Meski demikian, aplikasi P-Care vaksin ini tidak sama dengan PCare eksisting. Sehingga, kami perlu menyosialisasikan teknis penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Pcare Vaksin ini kepada petugas vaksinator di fasilitas kesehatan. Sebab, program vaksinasi kemungkinan akan dilakukan pada awal 2021,” kata Asri, kemarin.

Lebih lanjut Asri menjelaskan, setelah data dikumpulkan dan dikirimkan ke pusat nantinya peserta bisa melakukan reservasi melalui aplikasi PeduliLindungi atau SMSGateway untuk penjadwalan vaksinasi. Peserta yang telah terjadwal vaksinasi di faskes, akan dilakukan skrining COVID-19 sebagai upaya pencegahan penularan virus Korona.

“Jika lolos, maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksinasi. Peserta yang telah divaksin akan menerima kartu imunisasi COVID-19,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertashop Sudah Jangkau Wilayah Pelosok Jateng-DIY
Artikel selanjutnyaUNICEF Sebut Pandemi Sesuatu Yang Akan Berulang

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini