Masyarakat Minta Distribusi Vaksin COVID-19 Dilakukan Secara Merata

Vaksin Covid-19

Semarang, Idola 92,6 FM – Program vaksinasi gratis yang akan dilakukan pemerintah mendapat sambutan positif dari masyarakat, dan meminta pendistribusiannya bisa dilakukan secara merata di seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga, pandemi COVID-19 bisa teratasi setelah semua warga mendapat suntik vaksin gratis.

Salah satu warga Kota Semarang, Muthia Handayani mengatakan program vaksin COVID-19 gratis yang akan dilakukan pemerintah tentu menjadi harapan semua pihak. Sebab, vaksin COVID-19 sangat dinanti masyarakat untuk membantu memutus penularan virus Korona.

Muthia yang bekerja di layanan sektor publik menjelaskan, penyuntikan vaksin COVID-19 harus dilakukan secara proposional dan menjangkau semua lapisan masyarakat. Bahkan, pekerja-pekerja di bidang kesehatan dan pendidikan merupakan kelompok yang layak mendapat vaksin pertama.

Namun demikian, pemerintah diminta bisa melakukan distribusi vaksin COVID-19 secara merata di seluruh wilayah di Indonesia.

“Yang penting itu distribusinya secara merata. Karena kalau vaksinnya ada tapi distribusinya kurang merata, justru tidak banyak berpengaruh kepada masyarakat. Jadi, harapan saya jika vaksin memang diberikan secara gratis mohon distribusinya diperhatikan. Sehingga, tidak ada kesenjangan antara kalangan menengah ke atas dan bawah. Sehingga, semua bisa mendapat vaksin sesuai dengan haknya,” kata Muthia, Sabtu (19/12).

Terpisah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan guna menyambut kebijakan program vaksin gratis harus dipersiapkan pendataannya. Hal itu dilakukan, sebagai upaya antisipasi dari kemungkinan muncul aksi jual beli vaksin secara ilegal.

Menurutnya, pendataan penerima vaksin dan metode antrean perlu dilakukan sejak awal sebelum vaksin diberikan.

“Antisipasi jual beli vaksin bukan tidak mungkin selalu saja distorsi terjadi. Maka yang perlu dilakukan adalah pendataan, dan kemudian sistem antrean perlu disiapkan. Dengan data yang baik dan prioritasnya ada akan bisa diberikan dengan baik. Maka masyarakat yang akan mendapatkan itu sesuai dengan urut-urutannya, Insya Allah akan beres,” ucap Ganjar.

Ganjar lebih lanjut meminta Dinas Kesehatan Jateng hingga kabupaten/kota, mengawal program vaksinasi COVID-19 bisa diwujudkan. Sehingga, jangan sampai ada pihak-pihak yang menyalahgunakan atau mengambil keuntungan dari program vaksinasi gratis itu. (Bud)

Artikel sebelumnyaWarga Mulai Lengkapi Syarat Rapid Test Antigen Untuk Bepergian ke Jakarta
Artikel selanjutnyaBNN Jateng Sebut 2020 Terjadi Peningkatan Peredaran Narkoba Saat Pandemi