Siswa SMA di Jateng Hampir Semua Sudah Divaksin

Vaksinasi di sekolah
Siswa saat mengikuti kegiatan vaksinasi di sekolah.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah menyebutkan, ada satu juta siswa SMA/SMK yang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Hingga Desember 2021, total siswa SMA sederajat yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 sebanyak 1,86 juta siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Suyanta mengatakan sekolah yang di bawah kewenangan provinsi, hampir selesai melaksanakan program vaksin COVID-19. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat telepon, kemarin.

Suyanta menjelaskan, 1,86 juta siswa itu berasal dari 2.628 sekolah se-Jateng baik jenjang SMA/SMK maupun SLB. Progres vaksinasi COVID-19 yang menyasar siswa SMA/SMK/SLB itu dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya sistem jemput bola.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar SMA/SMK/SLB bekerja sama dengan Dinas Kesehatan masing-masing kabupaten/kota dan juga TNI/Polri.

“Sekitar bulan April-Mei itu sudah bergerak, dan kami ada cabang tujuh kami dorong agar cabang dinas dengan menggerakkan kepala sekolah untuk pro-aktif menghubungi Dinkes. Saya rasa untuk SMA/SMK sudah mendekati 100 persen,” kata Suyanta.

Lebih lanjut Suyanta menjelaskan, program vaksinasi COVID-19 telah dilakukan sejak setengah tahun yang lalu.

“Progres vaksinasi itu tidak hanya menyasar pelajar saja, tetapi juga tenaga pendidik dan guru di satuan pendidikan. Totalnya ada 310.686 orang,” pungkasnya. (Bud)