PLN Akan Aliri Listrik di Kepulauan Karimunjawa

Pemeliharaan jaringan
Petugas melakukan pemeliharaan jaringan listrik.

Semarang, Idola 92,6 FM – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta akan mencoba menyalurkan listrik ke Pulau Parang, Genting dan Nyamuk di Kepulauan Karimunjawa. Sebab, selama ini masyarakat di tiga pulau terpencil itu belum merasakan aliran listrik.

GM PLN UID Jateng-DIY Irwansyah mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Jepara, berkaitan proses penyaluran listrik di Pulau Parang dan Genting serta Nyamuk di Kepulauan Karimunjawa. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernur, kemarin.

Irwansyah menjelaskan, pihaknya juga sedang melakukan pendataan di ketiga pulau di Karimunjawa itu berkaitan rencana penyaluran listrik untuk kebutuhan masyarakat. Termasuk, melengkapi persyaratan teknis yang dibutuhkan.

“Parang, Genting dan Nyamuk. Tadi kita sudah berkoordinasi dengan bupati Jepara, syarat-syarat teknis ini akan kita lengkapi dan dari PLN juga akan melakukan kegiatan. Baik investigasi untuk jaringannya. Karena jaringan yang kita harapkan itu sudah standar. Ini secara teknis, dan rencana kita tiga bulan kita akan bisa mengambil alih untuk kelistrikan di Karimunjawa,” kata Irwansyah.

Sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo meminta kepada PLN UID Jateng-DIY untuk bisa mengambil alih pemenuhan kebutuhan listrik di pulau-pulau terpencil di Karimunjawa. Sehingga, masyarakat bisa menikmati pasokan listrik dari PLN.

“Warga sudah wadul terkait sumber energi listrik. Energi listrik yang mereka dapat dari sollar cel, dan itu sudah rusak,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, apabila PLN sudah masuk dan bisa menyalurkan listrik ke tiga pulau terpencil itu maka permasalahan kelistrikan di Karimunjawa bisa teratasi. (Bud)

Artikel sebelumnyaCerita Anak-anak Usai Disuntik Vaksin COVID-19
Artikel selanjutnyaEkspor Jateng Dukung Neraca Perdagangan Nasional

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini