Radio/TV Daerah Siap Rebranding Gaet Kalangan Milenial

Kunjungan pengurus Indonesiapersada
Gubernur Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan dari pengurus Indonesiapersada.id di Puri Gedeh.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pegiat radio/TV publik daerah mengumpulkan semangat dan menggelorakan perubahan atau rebranding, agar tidak kalah dengan radio-radio swasta yang ada di ibu kota. Tujuannya, untuk menjadikan radio/TV publik daerah diminati kalangan anak muda.

Ketua Harian Indonesiapersada.id Syaifudin Ahmad mengatakan paradigma masyarakat tentang radio/TV publik daerah harus diubah, dan sudah saatnya menyesuaikan diri dengan pendengar maupun penonton di masa kini. Pernyataan itu dikatakannya saat bertemu Ketua Umum Indonesiapersada.id Ganjar Pranowo, belum lama ini.

Syaifudin menjelaskan, banyak potensi terpendam sebenarnya dari radio/tv publik di daerah. Sehingga, potensi-potensi itu harus digali tetapi tidak meninggalkan nilai kearifan lokalnya.

Menurutnya, radio/TV publik daerah harus semakin menarik tetapi tidak meninggalkan fungsi utama sebagai penyebar informasi ke publik.

“Radio/TV publik daerah ini semakin eksis, dan digemari oleh generasi milenial dengan program-program yang bersifat kekinian. Karena radio/TV publik itu seakan-akan identik radionya pemerintah. Jadi, kadang itu yang tidak diminati oleh anak-anak sekarang ya,” kata Syaifudin.

Pendapat senada juga disampaikan Direktur Suara Sidoarjo Aris Widoyoko, bahwa radio/TV publik daerah bisa bersaing dengan radio swasta lainnya.

Aris menjelaskan, radio/TV publik daerah harus semakin kaya dengan konten siaran untuk menarik minat masyarakat.

“Karena media harus inovasi dan cepat, eksekusinya cepat. Kalau enggak begitu ya enggak maju. Radio punya pemerintah daerah ya tetep begini-begini saja, kalah bersaing dengan yang dari katakan dari swasta atau dari yang lainnya. Sebuah radio kalau itu milik pemerintah daerah pasti tidak menarik, pasti pencitraan saja. Maka harus direbranding. Bicara tentang konten, delivery dan mendesainnya,” ujar Aris.

Aris lebih lanjut menjelaskan, seluruh pengurus Indonesiapersada.id bersama dengan pengelola radio/TV publik daerah se-Indonesia siap menyajikan program maupun konten siaran yang variatif dan menghibur. (Bud)

Artikel sebelumnyaAtlet Jateng Siap Raih Emas di Peparnas Papua
Artikel selanjutnyaBidan Karimunjawa Minta Ambulan Laut

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini