Bagaimana Membangun Kesadaran para Orangtua bahwa Sukses Pendidikan Anak Berawal dari Rumah?

Ilustrasi
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Pendidikan yang berkualitas dapat mempengaruhi keberhasilan akademik tetapi bukan merupakan faktor penting dalam keberhasilan masa depan anak. Menurut psikolog anak dan pakar asuh Michele Borba, kegigihan adalah keterampilan terpenting yang dapat mendukung kesuksesan seorang anak di masa depan–di mana sikap mental gigih ini bisa dimulai dari pengasuhan di rumah.

Michele menuturkan, anak yang gigih dan tidak mudah menyerah, memiliki tingkat keyakinan yang tinggi bahwa usahanya akan membuahkan hasil yang baik. Sehingga, anak-anak akan tetap termotivasi untuk bekerja keras dan menyelesaikan apa yang mereka mulai meskipun banyak kendala.

Michele menemukan bahwa ketekunan adalah softskill No. 1 yang membedakan anak-anak yang memiliki motivasi tinggi dengan mereka yang mudah menyerah.

Lalu, ketika sukses pendidikan anak berawal dari rumah, maka bagaimana mendorong kesadaran para orangtua ketika sebagian besar masyarakat cenderung “memasrahkan” pendidikan anak-anak mereka pada sekolahan? Hal-hal apa saja yang bisa ditanamkan pada anak di rumah, sebagai bekal masa depannya?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber: JC Tukiman Taruna (Pengamat Pendidikan Unika Soegijapranata Semarang), Prof Dian Ratna Sawitri, (Dekan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang), dan Ayah Edy (Pakar Pendidikan Anak dan Keluarga). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaKPK Ingin Seluruh Kades di Indonesia Jadi Kader Antikorupsi
Artikel selanjutnyaSinergi dan Inovasi BI Jadi Kata Kunci Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Negeri
Editor In Chief Radio Idola Semarang.