Bagaimana Menyemai Sikap Kebinekaan di Lingkungan Sekolah?

Kebinekaan
ilustrasi/ISTIMEWA

Semarang, Idola 92.6 FM – Sikap kebinekaan dinilai belum  membudaya di lingkungan sekolah. Padahal, sikap kebinekaan merupakan bagian dari upaya mewujudkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dari hasil Asesmen Nasional 2021, sebanyak 59 persen sekolah masih perlu menguatkan sikap kebinekaan di sekolah. Sedangkan, 9 persen satuan pendidikan perlu meningkatkan sikap kebinekaan. Dan, baru 32 persen satuan pendidikan yang telah membudayakan sikap kebinekaan.

Terkait praktik kebinekaan, baru-baru ini, salah satu sekolah di Cikini Jakarta Pusat, mendapat sorotan. Karena selama Ramadan, sekolah tersebut menerapkan aturan yang menuai kontroversi karena mengharuskan semua siswa mengenakan pakaian muslim. Meskipun kemudian, pihak sekolah mengaku ada kesalahan redaksional penulisan aturan itu.

Padahal, keberagaman telah menjadi takdir kita, di mana sikap kebinekaan menjadi syarat tercipatnya persatuan, maka … bagaimana cara menyemai sikap kebinekaan di lingkungan sekolah?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, di antaranya: Henny Supolo (Ketua Yayasan Cahaya Guru) dan Suparno Sastro (Dewan Pakar Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaWarga Perantauan Jateng Buat Sepeda Listrik
Artikel selanjutnyaKapolda Siapkan Rencana Aksi Pengamanan Arus Mudik Lebaran

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini