Kapolda Siapkan Rencana Aksi Pengamanan Arus Mudik Lebaran

Kapolda Jateng Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberi keterangan terkait skenario pengamanan arus mudik Lebaran.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah menyiapkan sejumlah rencana aksi, untuk pengamanan kegiatan arus mudik maupun balik Lebaran tahun ini. Termasuk, menerjunkan personel untuk penjagaan di sepanjang jalur mudik di wilayah Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan karena kebijakan pemerintah memerbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, maka jajarannya melakukan sejumlah antisipasi pengamanan kegiatan arus mudik maupun balik Lebaran. Pernyataan itu dikatakan saat melakukan kunjungan ke Pasar Bulu, baru-baru.

Kapolda menjelaskan, karena wilayah Jateng merupakan tujuan akhir dari perjalanan mudik masyarakat dari Jakarta maupun Jawa Barat dan Jawa Timur maka persiapan antisipasi pengamanan sudah dilakukan. Sehingga, kegiatan arus mudik masyarakat untuk berlebaran di kampung halaman bisa berjalan lancar.

Menurut kapolda, nantinya juga akan digelar operasi lilin dalam rangka pengamanan kegiatan masyarakat selama Lebaran. Tidak hanya pengamanan di jalur mudik saja, tetapi juga pengamanan kamtibmas lainnya.

“Sudah kita siapkan, baik jalur selatan maupun utara dan tol atau selatan-selatan. Sudah kita gelar, termasuk pos pamnya. Nanti pada H-3 pelaksanaan, kita minta bantuan teman-teman wartawan untuk menginformasikan situasi terkini baik itu jalur atau arus maupun cara bertindak kita mudik,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, karena salah satu syarat perjalanan mudik adalah vaksin booster maka pihaknya telah mengerahkan seluruh polres menggelar percepatan vaksinasi booster. Bahkan, beberapa polres mengadopsi dengan menyasar tempat aktivitas padat masyarakat di antaranya adalah alun-alun maupun masjid raya.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran polres dan masyarakat Jawa Tengah, yang mendukung kegiatan vaksinasi dari pihak kepolisian. Ini semua kita lakukan, dalam rangka menciptakan herd immunity selama masa arus mudik Lebaran nanti,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Menyemai Sikap Kebinekaan di Lingkungan Sekolah?
Artikel selanjutnyaDishub Jateng Prediksi Jalur Wisata Bakal Macet Saat Lebaran