Dishub Jateng Prediksi Jalur Wisata Bakal Macet Saat Lebaran

Gerbang Tol Kalikangkung Semarang
Kendaraan dari arah Jakarta saat melintas di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Perhubungan Jawa Tengah memprediksikan, saat masa Lebaran nanti jalur wisata akan terjadi kemacetan. Sehingga, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian berkaitan pengaturan arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Henggar Budi Anggoro mengatakan saat Lebaran mendatang, diperkirakan akan ada 900 ribuan kendaraan dari arah Jakarta maupun Jawa Barat masuk wilayah Jateng. Bahkan, saat masa libur Lebaran nantinya jalur wisata juga diperkirakan akan terjadi kemacetan akibat penumpukan arus lalu lintas. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Henggar menjelaskan, pihaknya bersama aparat kepolisian akan memaksimalkan personel di lapangan guna mengantisipasi kemacetan di jalur wisata. Termasuk, menyiapkan rambu-rambu petunjuk jalur alternatif guna menghindari penumpukan kendaraan. Terutama, yang akan menuju ke daerah wisata.

Menurutnya, jajaran Dinas Perhubungan bersama Polda Jateng akan menyiapkan skenario jika jalur menuju tempat wisata terjadi kemacetan. Sehingga, para wisatawan yang akan memanfaatkan momentum libur Lebaran tetap merasa nyaman dan aman.

“Ada prediksi kita pada saat Lebaran besok, orang mudik itu sambungannya pasti ke tempat wisata. Nantinya kita sudah memprediksi tempat wisata yang bakal ramai pengunjung dan macet, itu ada di beberapa titik. Kalau Semarang paling arah Bandungan, arah Tawangmangu atau Baturraden dan Dieng,” kata Henggar.

Lebih lanjut Henggar menjelaskan, Dinas Perhubungan di setiap kabupaten/kota se-Jateng juga telah diminta memetakan simpul kemacetan di daerah masing-masing. Sehingga, potensi kemacetan bisa terurai dan teratasi.

“Intinya, masyarakat yang mudik dan mau pergi ke tempat wisata tetap nyaman tanpa gangguan selama perjalanan. Sehingga, kita sudah siapkan betul untuk mengantisipasinya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKapolda Siapkan Rencana Aksi Pengamanan Arus Mudik Lebaran
Artikel selanjutnyaPLN Beri Kemudahan Bagi Tempat Ibadah Yang Tambah Daya

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini