Bawaslu Jateng Lantik 1.728 Panwaslu Kecamatan di Pemilu 2024

Rofiudin
Rofiudin, Komisioner Bawaslu Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bawaslu Jawa Tengah melantik anggota panwaslu kecamatan, untuk mengawasi setiap tahapan di Pemilu 2024 mendatang. Tercatat, ada 1.728 orang yang harus membangun jejaring di wilayahnya masing-masing.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan anggota panwaslu kecamatan ada di 576 kecamatan di seluruh kabupaten/kota, dengan rincian 1.267 panwaslu laki-laki dan 461 panwaslu perempuan. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, Jumat (28/10).

Rofi menjelaskan, sebelum dilakukan pelantikan terhadap anggota panwaslu kecamatan terpilih itu masing-masing Bawaslu kabupaten/kota melakukan seleksi. Proses seleksi dilakukan secara terbuka, dan melibatkan publik.

Menurutnya, Bawaslu di kabupaten/kota juga menyediakan berbagai kanal aduan dan masukan terhadap seluruh proses seleksi panwaslu kecamatan.

“Panwaslu kecamatan akan melakukan proses-proses pengawasan di Pemilu 2024 langsung setelah dilantik. Misalnya mereka melakukan pengawasan tahapan verifikasi faktual calon peserta pemilu,” kata rofi.

Lebih lanjut Rofi meminta kepada seluruh anggota panwaslu kecamatan yang sudah dilantik, bisa bekerja secara profesional dan mentaati ketentuan aturan berlaku. Termasuk, etika penyelenggara pemilu juga harus dijaga.

“Bawaslu di Jawa Tengah selalu berkomitmen untuk melaksanakan kebijakan afirmatif action. Sebab, penyelenggaraan pemilu harus dilaksanakan dengan prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMerefleksi Hari Sumpah Pemuda ke-94, Bagaimana Visi dan Pandangan Para Pemuda Masa Kini?
Artikel selanjutnyaPanwaslu Kecamatan Diminta Segera Tancap Gas Lakukan Pengawasan
Wartawan senior Radio Idola Semarang.