Bawaslu Mulai Buka Rekruitmen Panwaslu Kecamatan

Sri Sumanta
Sri Sumanta, Komisioner Bawaslu Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bawaslu Jawa Tengah mulai membuka rekruitmen panwaslu kecamatan, untuk tahapan Pemilu 2024 mendatang. Bawaslu telah menetapkan tahapan seleksi bagi rekruitmen panwaslu kecamatan, yang pendaftarannya dimulai pada 15-21 September 2022.

Komisioner Bawaslu Jateng Sri Sumanta mengatakan proses pendaftaran dan penerimaan berkas, akan dilakukan pada 21-27 September dan penelitian kelengkapan berkas dilakukan pada 28-30 September 2021. Pernyataan itu dikatakan melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Sumanta, tempat pendaftaran panwaslu kecamatan dilakukan di masing-masing kantor bawaslu kabupaten/kota setempat.

Sumanta menjelaskan, untuk menjadi panwaslu kecamatan ada berbagai syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat itu di antaranya adalah berusia paling rendah 25 tahun, tidak pernah dipidana berdasar putusan pengadilan yang ancaman pidana lima tahun atau lebih dan berintegritas.

“Segera ikuti rekruitmen panwascam seluruh Jawa Tengah yang segera dimulai, dan penyerahan berkas mulai tanggal 21 September. Silakan cek dan lihat di kantor bawaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Lebih lanjut Sumanta menjelaskan, bagi pendaftar yang menjalankan profesi lain semisal pegawai negeri atau swasta harus mendapatkan izin dari pimpinan atau atasan. Termasuk, tidak menjalin ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

“Yang penting bekerja penuh waktu, dan tidak pernah menjadi tim kampanye salah satu pasangan calon di pemilu sebelumnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaIndosat Targetkan Optimalisasi 43.000 Jaringan Tahun Ini
Artikel selanjutnyaSabu 3,5 Kilogram Diselundupkan Lewat Lukisan Kaligrafi