BAZNAS Siap Bantu Entaskan Kemiskinan di Jateng

Ganjar Pranowo
Gubernur Ganjar Pranowo bersama Ketua BAZNAS RI Nur Ahmad membahas sinergitas pengentasan kemiskinan di wilayah pesisir di Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – BAZNAS RI siap membantu pemprov, dalam upaya pengentasan kemiskinan di wilayah Jawa Tengah. Khususnya, masyarakat Jateng yang tinggal di daerah pesisir.

Ketua BAZNAS RI Nur Ahmad mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan kepada Pemprov Jateng, untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah pesisir. Pernyataan itu dikatakannya saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo, belum lama ini.

Nur Ahmad menjelaskan, pihaknya memang memiliki program pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat. Khusus di wilayah Jateng, program pengentasan kemiskinan ditargetkan menyasar masyarakat di wilayah pesisir.

Menurutnya, BAZNAS RI sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jateng terkait upaya pengentasan kemiskinan pada tahun ini. Oleh karena itu, BAZNAS memfokuskan program pengentasan kemiskinan ada di daerah pesisir.

“BAZNAS sifatnya hanya membantu saja, karena sudah banyak yang dilakukan pak gub. Kita akan melihat daerah-daerah pesisir, di situ memang masih ada kemiskinannya. Kita coba lihat bagaimana nanti, upaya-upaya ekonomi yang bisa kita canangkan di sana,” kata Nur Ahmad.

Lebih lanjut Nur Ahmad menjelaskan, ada beberapa program dari BAZNAS RI yang akan dilakukan terkait pengentasan kemiskinan di daerah pesisir. Yakni, pemberdayaan kelompok ibu rumah tangga di daerah pesisir selama ditinggal suami melaut untuk mencari ikan.

“Ada program pengajian rutin, dan BAZNAS akan memberikan penguatan ekonomi melalui pemberian modal usaha. Program lainnya adalah menggerakkan BAZNAS Mikro Finance Desa guna penguatan ekonomi masyarakat desa,” jelasnya.

Sementara Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi program dari BAZNAS RI untuk membantu pengentasan kemiskinan di wilayah Jateng. Khususnya, bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir.

“Prinsipnya dalam penanggulangan kemiskinan, itu ternyata cukup sentral. Sehingga, kalau bisa ikut mengupayakan dan mengoptimalkan kolaborasi antara pemda dan Pemkot Semarang lagi dan BAZNAS. Menurut saya, ini akan menjadi kekuatan bagus,” ucap Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar meminta BAZNAS, untuk terus menggenjot dan membantu pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan. (Bud)

Artikel sebelumnyaPresiden Jokowi Minta Bendungan Randugunting Bisa Perkuat Ketahanan Pangan di 3 Kabupaten
Artikel selanjutnyaMenerapkan Konsep Pembelajaran Learn, Unlearn, dan Relearn

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini