Baznas Jateng Dorong Kemandirian Ekonomi Mustahik

Achmad Daroji
Ketua MUI Jateng Achmad Daroji.

Semarang, Idola 92,6 FM – Baznas Jawa Tengah terus melakukan pemberdayaan kepada mustahik, sebagai upaya mengangkat perekonomian dan memberi kesejahteraan. Nantinya, para mustahik itu tidak lagi menerima bantuan tetapi sebagai pemberi bantuan.

Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji mengatakan dengan pemberdayaan melalui keterampilan kerja itu, para mustahik bisa terangkat perekonomiannya dan mendorong kemandirian dari penerima manfaat. Penyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Darodji menjelaskan, para mustahik itu tidak hanya mendapatkan manfaat berupa uang tapi juga dalam bentuk pelatihan-pelatihan. Sehingga, nantinya bisa berusaha dan terus mengembangkan usahanya.

Menurutnya, para mustahik itu dibantu pelatihan dan pengembangan usahanya dengan harapan ke depan tidak lagi sebagai penerima tetapi menjadi pemberi zakat.

“Mereka diberdayakan agar suatu saat mereka nanti bisa berubah menjadi orang yang memberikan zakat. Jadi sekarang menerima zakat, tapi nanti suatu saat berubah memberikan zakat. Dengan begitu, Insya Allah kemakmuran di Indonesia akan terwujud,” kata Darodji.

Lebih lanjut Darodji menjelaskan, para mustahik yang sudah diberikan pelatihan ke depannya bisa sukses. Pihaknya juga memberikan pendampingan, agar usaha yang dirintis bisa berjalan hingga sukses.

“Dengan pelatihan ini nanti bisa mengembangkan usahanya. Dari beberapa pelatihan yang kita gelar untuk mustahik, hampir semuanya berhasil,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemkot Gandeng Beam Mobility Hadirkan Sepeda Listrik Dukung Sektor Wisata Semarang
Artikel selanjutnyaMengenal Miscalenta, Gelas Berbahan Singkong Bisa Dimakan karya Tim Siswa SMA Negeri 3 Rembang
Wartawan senior Radio Idola Semarang.