BI Jateng Ajak PKK Kota Semarang Kelola Keuangan Lewat QRIS

Belanja dengan QRIS
Masyarakat saat berbelanja dengan QRIS.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mengajak Tim Penggerak PKK Kota Semarang bijak dalam mengelola keuangan rumah tangga, lewat penggunaan aplikasi QRIS. Tidak hanya mudah dalam pencatatan transaksi belanja, tetapi juga menjaga keamanan keuangan.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng Firdauz Muttaqin mengatakan lewat pengenalan QRIS kepada ibu-ibu yang tergabung dalam PKK Kota Semarang, akan memudahkan dalam membawa uang tidak lagi penuh sesak di kantong celana atau baju tetapi cukup di gawainya. Pernyataan itu dikatakan di sela sosialisasi kebijakan BI dan edukasi pemakaian QRIS di kantor BI Jateng, Kamis (8/9).

Firdauz menjelaskan, saat ini eranya adalah transaksi digital sehingga penggunaan gawai lebih memudahkan dalam menyimpan uang. Pada saat akan melakukan transaksi, tinggal melakukan pemindaian barcode di setiap tenant.

Menurutnya, QRIS bisa menjadi aplikasi dalam memudahkan pengelolaan keuangan rumah tangganya. Selain itu juga dari segi kemanan, akan memberikan jaminan bagi para penggunanya.

“Nah dengan QRIS ini menjadi lebih mudah. Sekarang dengan rekening apapun dari berbagai bank itu bisa melakukan transaksi dengan platform apapun. Dengan menggunakan QRIS ini, ibu-ibu bisa lebih mudah bertransaksi dan tercatat seluruh transaksinya,” kata Firdauz.

Firdauz Muttaqin, Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng:

Lebih lanjut Firdauz menjelaskan, pihaknya juga memberikan pemahaman terkait dengan penggunaan uang rupiah dan mengetahui keaslian uang rupiah agar tidak mudah menjadi korban penipuan uang palsu. Termasuk, paham dalam penggunaan uang rupiah lebih bijak.

“Harapannya, jangan sampai terjadi pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Jadi paham dalam menghitung pengeluaran rumah tangganya, lebih bijak dalam penggunaan uangnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaApindo Sarankan Pengusaha di Jateng Kurangi Biaya Produksi Tak Perlu
Artikel selanjutnyaMengenal Genteng Pintar Berbasis IoT Inovasi Tim Mahasiswa FT UGM Yogyakarta