Mengenal Genteng Pintar Berbasis IoT Inovasi Tim Mahasiswa FT UGM Yogyakarta

Tim Mahasiswa UGM
Empat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggagas pembuatan smart rooftop atau genteng pintar berbasis Internet of Things di bawah bimbingan dosen Ahmad Agus Setiawan, ST., M.Sc., Ph.D. (Photo dok Lathief)

Yogyakarta, Idola 92.6 FM – Tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta baru-baru ini menggagas pembuatan smart rooftop atau genteng pintar. Genteng ini menggunakan energi sel surya yang berbasis Internet of Things (IoT) dan dilapisi self-cleaning glass.

Genteng pintar tenaga surya ini dirancang oleh Lathief Nurmahmudi Wijaya, Nifwan, Muhammad Rafif Taqiyuddin, dan Maulana Istar, dengan bimbingan dari dosen Fakultas Teknik UGM, Ahmad Agus Setiawan, ST., M.Sc., Ph.D.

Menurut Latief Nurmahmudi Wijaya anggota tim UGM, ide pembuatan genteng pintar tersebut bermula dari melimpahnya energi matahari yang melimpah di negeri ini. Lalu kepikiran, bagaimana memanfaatkan energi tersebut untuk masyarakat umum?.

Smart Rooftop
Tim Mahasiswa UGM sedang menyelesaikan smart rooftop atau genteng pintar berbasis IoT. (Photo dok Lathief)

”Kami berpikir, bisa dikolaborasikan dengan energy surya. Kombinasi genteng dan panel surya,” tutur Latief saat diwawancarai radio Idola, pagi (08/09) tadi.

Latief menambahkan, panel surya sangat rentan terhadap debu dan kotoran.

”Untuk itu, kami buat self-cleaning glass. Di sini untuk self-cleaning glass bisa membersihkan diri dengan air dan lebih sempurna tanpa bercak,” tambah Latief.

Smart rooftop
Smart rooftop atau genteng pintar berbasis IoT karya tim mahasiswa UGM.(Photo dok Lathief)

Lalu sejauh mana perkembangan genteng pintar berbasis IoT ini? Siapa sasaran produk ini?

Selengkapnya untuk mengenal genteng pintar berbasis IoT, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Lathief Nurmahmudi Wijaya, mahasiswa Fakultas Teknik UGM Yogyakarta/anggota tim. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBI Jateng Ajak PKK Kota Semarang Kelola Keuangan Lewat QRIS
Artikel selanjutnyaBantu Ibu-ibu, BI Jateng Gelar Belanja Sembako Rp1000