Dies Natalis ke-6, Sekolah Vokasi UNDIP Resmikan Teaching Industry

Acara Dies Natalies ke-6 Sekolah Vokasi UNDIP, Minggu (23/10)

SEMARANG, RADIO IDOLA 92,6 FM – Sekolah Vokasi UNDIP berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan tinggi terapan yang unggul melalui penguatan teaching industry, sehingga mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa agar menjadi lulusan yang siap kerja. Komitmen ini direalisasikan dengan peresmian beberapa teaching industry di lingkungan Sekolah Vokasi UNDIP, yaitu Contact Center (Digital Customer Service), Digital Engineering Operation Project (DENOP), BioDisel Plant, Water Treatment Plant, Building Information Modelling (BIM), Digital Library, Innovation Business Center (IBC), Vocational Language Center, dan Pusat Unggulan Teknologi.

“Kami berupaya melakukan perbaikan mutu pendidikan tinggi vokasi melalui penguatan teaching industry dan penerapan digitalisasi dalam semua aspek untuk mendukung praktik mahasiswa,” terang Dekan Sekolah Vokasi UNDIP, Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si. disel acara peringatan   Dies Natalis Sekolah Vokasi yang ke-6, minggu ( 23/10 )

Guru Besar Teknik Kimia UNDIP tersebut mencontohkan, Contact Center adalah salah satu teaching industry yang memberikan pengalaman praktik kepada mahasiswa Sekolah Vokasi untuk mewujudkan pelayanan prima kepada stakeholders melalui keterampilan berkomunikasi yang baik. Selain itu, BIM Center sebagai salah satu Pusat Unggulan Teknologi Sekolah Vokasi UNDIP yang bermitra dengan PT Waskita Karya membuka kesempatan praktik magang bagi mahasiswa Sekolah Vokasi untuk mengerjakan proyek di bidang konstruksi dan arsitektur dengan didampingi oleh dosen yang berpengalaman.

“Mahasiswa diberikan kesempatan untuk terlibat dalam proyek riil, terutama pada perencanaan konstruksi,” ungkapnya

Pasa Dies Natalis ke-6 ,  Sekolah Vokasi UNDIP tahun ini mengangkat  tema “Bangkit Bersama Vokasi menuju Indonesia Emas 2045”. Dies Natalis Sekolah Vokasi yang keenam ini bertujuan untuk memperkuat harmoni antara civitas akademika Sekolah Vokasi UNDIP dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta alumni. Rangkaian acara Dies Natalis ini dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh civitas akademika sejak tanggal 14 Oktober 2022, di antaranya lomba menyanyi “Vokasi Idol” hingga pentas seni. Ada pula Expo Vokasi Nasional yang diikuti oleh 50 booth dari seluruh program studi di lingkungan Sekolah Vokasi UNDIP, Tim Program 100 Wirausaha Muda Sekolah Vokasi UNDIP, beberapa SMK mitra, pelaku UMKM, dan jejaring alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Pendidikan Terapan (IAPAT).

Rangkaian acara Dies Natalis Sekolah Vokasi lainnya meliputi penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Universitas Diponegoro dengan KADIN Jawa Tengah, Vocational International Program (VIP) Summer Course 2022, hingga Musyawarah Nasional IAPAT.

Sementara itu Penanggung jawab Dies Natalis ke-6 Sekolah Vokasi UNDIP, Khristiana Dwi Astuti, S.T., M.T. menambahkan, peran serta alumni sangat penting untuk mendukung keberhasilan dalam mewujudkan institusi pendidikan tinggi terapan yang unggul. Untuk itu, keterlibatan IAPAT dalam rangkaian acara Dies Natalis tersebut diharapkan dapat memberi gambaran tentang tantangan di dunia kerja sesungguhnya kepada mahasiswa.

“Ini menjadi kesempatan berdiskusi bersama dengan IAPAT, bagaimana kebutuhan dunia kerja, sehingga kita bisa menyiapkan SDM yang mampu bersaing,” ujar Ketua Program Studi Sarjana Terapan Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (PTRP) Sekolah Vokasi UNDIP itu. (tim)

 

Artikel sebelumnyaBagaimana Mentransformasikan Kuatnya Tradisi Menyumbang Bangsa Indonesia?
Artikel selanjutnyaKapolda Ingatkan Anggota Tak Lakukan Tindakan Yang Rugikan Institusi
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.