Disperindag Jateng Bakal Gelar Operasi Pasar Telur Ayam

Kepala Disperindag Jateng Arif Sambodo
Kepala Disperindag Jateng Arif Sambodo.

Semarang, Idola 92,6 FM – Disperindag Jawa Tengah akan segera menggelar pasar murah telur ayam ras, yang beberapa hari terakhir mengalami kenaikan harga dan menyumbang inflasi di provinsi ini. Pelaksanaan operasi pasar telur ayam ras, akan dilakukan di Kabupaten Pemalang pada 7 Desember 2022.

Kepala Disperindag Jateng Arif Sambodo mengatakan sesuai arahan dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, jajarannya akan segera menggelar operasi pasar dalam menyikapi kenaikan harga telur ayam ras. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Pasar Rasamala Banyumanik, kemarin.

Arif menjelaskan, pihaknya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat guna menggelar operasi pasar telur ayam ras. Bantuan yang diberikan bisa berupa subsidi harga, maupun bantuan subsidi distribusi.

Menurut Arif, pihaknya pada tahap pertama akan melakukan operasi pasar murah telur ayam ras di Kabupaten Pemalang pada 7 Desember 2022 nanti.

“Bersama dinas terkait, kita akan melakukan pasar murah bareng-bareng. Untuk harga telur naik itu memang nasional sama, dan faktor pendorongnya sudah diprediksi sebelumnya. Kalau menjelang Nataru itu beda menjelang Lebaran. Telurnya itu lebih meningkat, tapi sebenarnya ini sifatnya masih lumrah karena naiknya masih lumrah,” kata Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, sebenarnya harga telur ayam ras juga pernah jatuh menyentuh harga Rp23 ribu-Rp24 ribu per kilogramnya. Namun demikian, pihaknya tetap melakukan pemantauan pergerakan harga telur ayam ras hingga sampai perlu dilakukan intervensi.

“Harapan kita sebelum Natal dan Tahun Baru, harga telur sudah kembali stabil,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaRangkaian Terakhir Perayaan HUT Ke-65 Astra Hadirkan Sosok-Sosok Inspiratif dalam Bidang Kesehatan
Artikel selanjutnyaBandara Ahmad Yani Prediksi Akhir Tahun Terjadi Kenaikan Penumpang Pesawat
Wartawan senior Radio Idola Semarang.