Dorong Literasi Keuangan,  BI Jateng Gelar Program Sembako Serupiah

 

SEMARANG, RADIO IDOLA 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah   berkolaborasi dengan Kantor Wilayah BNI 05 Semarang mengadakan program “Sembako Serupiah” bersamaan dengan acara ulang tahun PT Nesia Pan Pacific Knit.  Pada kegiatan  itu Bank Indonesia memberikan kesempatan user experience QRIS dengan tebus murah sembako Rp1,- (satu rupiah) kepada 2.500 pegawai PT Nesia Pan Pacific Knit,  sebagai upaya meningkatkan pengguna QRIS di Jawa Tengah serta pengendalian inflasi di daerah.

Pegawai yang belum memiliki mobile banking dapat langsung melakukan aktivasi mobile banking melalui mobil layanan gerak yang disediakan oleh BNI. Setelah itu, pegawai dapat langsung melakukan “Sembako Serupiah”. Tercatat setidaknya 700 pegawai pabrik yang secara antusias melakukan tebus murah sembako yang telah disediakan berupa minyak goreng 1 liter atau gula 1 kg.

Dalam rilis tertulisnya,  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah  menyebutkan bahwa peningkatan transaksi non-tunai perlu dibarengi dengan peningkatkan literasi keuangan konsumen, termasuk penggunaan fasilitas yang telah dimiliki. Oleh karena itu Bank Indonesia bersama BNI memberikan edukasi mengenai penggunaan mobile banking yang telah dimiliki oleh pegawai pabrik, termasuk penggunaan kanal pembayaran kekinian QRIS dan berbagai jenis pembayaran lainnya seperti pembelian pulsa.

Data Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah  menyebutkan sepanjang Januari – agustus 2022, jumlah pengguna QRIS bertambah 1.758.065 pengguna. Sementara  pertumbuhan Jumlah merchant per 16 September 2022 di Jateng sebesar 128 %. (tim)

 

Artikel sebelumnyaKPK Ingatkan Bupati/Wali Kota se-Jateng Tak Lakukan Tindakan Korupsi
Artikel selanjutnyaKetika kini anak muda lebih suka “pemimpin jujur dan antikorupsi” daripada “pemimpin merakyat dan sederhana”, ini mengindikasikan apa?
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.