Dukung Energi Ramah Lingkungan, PLN Operasikan 104 SPKLU di 38 Kota

Dharmawan Prasodjo
Dirut PLN Dharmawan Prasodjo saat menjelaskan tentang SPKLU yang akan mendukung penggunaan energi ramah lingkungan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam rangka mendukung penggunaan energi ramah lingkungan dan pemakaian kendaraan listrik, PLN mengoperasikan 104 SPKLU di 38 kota di seluruh Indonesia. Bahkan, PLN juga membuka peluang kerja sama dengan masyarakat yang Kan menjadi mitra pengoperasian SPKLU di seluruh Indonesia.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan pihaknya terus menambah pengoperasian SPKLU, guna mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Sampai dengan saat ini, tercatat ada 104 SPKLU yang telah beroperasi di 38 kota di seluruh Indonesia. Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers, Kamis (24/2).

Agung menjelaskan, PLN akan terus menambah pengoperasian SPKLU untuk memerluas jangkauan fasilitas pengisian energi kendaraan listrik. Rencananya, pada tahun ini akan ditambah 40 SPKLU di sejumlah kota di Indonesia.

Menurutnya, PLN juga akan menyediakan fasilitas SPKLU Ultrafast EV Charger sebanyak 44 unit dan 100 unit home charging untuk mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali yang direncanakan mulai beroperasi pada Agustus 2022.

“Penambahan SPKLU merupakan upaya PLN, dalam meningkatkan layanan dengan memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik dan untuk menarik minat masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Saat ini, sudah terdapat lima unit SPKLU yang beroperasi dan 16 SPKLU tipe medium dan fast charging dalam tahap penyelesaian pembangunan,” kata Agung.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, penambahan dan perluasan pengoperasian SPKLU harus dilakukan agar pengendara kendaraan listrik tidak khawatir baterai kendaraannya kehabisan energi. Sehingga, ketika melakukan perjalanan jauh mengunakan kendaraan listrik tidak kesulitan mencari tempat pengisian baterai kendaraan.

“Bahkan, ketika pengguna kendaraan listrik melakukan perjalanan dari Aceh sampai Surabaya tidak perlu khawatir karena SPKLU tersedia di mana-mana,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSelama Pandemi, Penjualan Online Laris Manis
Artikel selanjutnyaPenyuntikan Elpiji Subsidi Kembali Terjadi
Wartawan senior Radio Idola Semarang.