Indonesia Giving Fest 2022, Wadah Interaksi Masyarakat dan Organisasi Pengelola Zakat

Indonesia Giving Fest 2022
Forum Zakat mengajak masyarakat dan media untuk berinteraksi langsung dengan Gerakan Zakat dalam Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 pada 23 - 25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan Jakarta. (Foto Dok Dompet Dhuafa)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Forum Zakat mengajak masyarakat dan media untuk berinteraksi langsung dengan Gerakan Zakat dalam Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan edukasi terhadap pengelolaan dana zakat melalui berbagai program dan dampak yang dilahirkan dalam pengentasan kemiskinan.

Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 yang akan digelar pada 23 – 25 Desember di Tennis Indoor Senayan, tinggal menghitung hari. Festival kebaikan pertama dan terbesar di Indonesia ini akan menampilkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat (FOZ) dengan berbagai program unggulan yang dikelola melalui Gerakan Zakat.

“Di Indonesia Giving Fest, kita mengajak seluruh masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan berbagai portofolio program kebaikan dari 199 OPZ Anggota FOZ. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan eksposur dari Gerakan Zakat dalam memberikan kontribusinya di masyarakat,” jelas Udhi Tri Kurniawan selaku Pengurus FOZ dalam siaran pers nya kepada radio Idola Semarang, Kamis (22/12).

Mengangkat tema “Showing Impact of Giving”, pada Rabu (21/12), Diskusi Ruang Tengah memaparkan bahwasannya Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 digelar sebagai wadah untuk berjejaring antara pelaku pengelolaan zakat dan masyarakat luas.

“Selain menampilkan berbagai portofolio program OPZ, Indonesia Giving Fest akan menjadi ruang networking pengelola zakat kepada masyarakat. Jadi IGF ini sekaligus mejadi upaya literasi terhadap Gerakan Zakat kepada masyarakat,” lanjut Udhi.

Indonesia Giving Fest 2022
Forum Zakat mengajak masyarakat dan media untuk berinteraksi langsung dengan Gerakan Zakat dalam Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 pada 23 – 25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan Jakarta. (Foto Dok Dompet Dhuafa)

Drs. H. Tarmizi Tohor, MA. selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama turut mengapresiasi adanya pagelaran Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022. Tentunya pemerintah sangat mengapresiasi adanya pagelaran besar ini. Dampak yang dilahirkan dari Gerakan Zakat harus diketahui khalayak ramai. “Jadi, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melihat langsung dampak tersebut di Indonesia Giving Fest,” ujarnya.

Rumah Zakat yang merupakan salah satu OPZ Anggota FOZ sedikit menjelaskan salah satu program unggulannya di Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 mendatang. “Salah satu program kami yang akan kami tampilkan adalah Desa Berdaya yaitu program pembinaan masyarakat, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, dan donatur Rumah Zakat,” papar Agustin Santriana selaku Brand Management Division Head Rumah Zakat.

Tidak ketinggalan, Risyad Iskandar selaku Direktur Marcomm & Network BSI Maslahat menjelaskan program yang sudah digaungkan dalam bidang pendidikan yaitu BSI Scholarship. “Program ini hadir tidak hanya memberikan beasiswa namun juga program pembinaan untuk membentuk pemimpin masa depan umat yang berkarakter, amanah dan dapat menjadi teladan yang berkontribusi dalam industri ekonomi syariah,” ujarnya.

Aliyah Sayuti sebagai Influencer Kebaikan sempat membagikan pengalamannya dan semakin menguatkan berbagai dampak positif dari Gerakan Zakat. “Literasi terhadap Gerakan Zakat, Infak, dan Sedekah seharusnya sudah diajarkan sejak dini. Dari situ kita akan merasakan bahwasannya berbagi itu bukan untuk orang lain akan tetapi kebahagiaan bagi diri kita sendiri,” tuturnya.

Masih banyak berbagai agenda menarik dalam Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022, seperti: kajian, konferensi, networking session, social empowerment competition, live donation, charity concert, dan Zakat Award 2022. Jadi segera daftarkan diri dan hadir dalam Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022. (ims/her)

Artikel sebelumnyaPolda Jateng Kerahkan Lebih 17 Ribu Personel Amankan Nataru 2022
Artikel selanjutnyaPolda Jateng Amankan 2 Ribu Lebih Gereja Saat Natal
Editor In Chief Radio Idola Semarang.