Jateng Alami Deflasi 0,39 Persen

Deflasi
Kepala BPS Jateng Adhi Wiriana saat menyampaikan rilis perkembangan harga.

Semarang, Idola 92,6 FM – Jawa Tengah mengalami penurunan harga sejumlah komoditas pangan, sehingga terjadi deflasi sebesar 0,39 persen pada Agustus 2022. BPS Jateng mencatat, deflasi yang terjadi melebihi angka nasional yang hanya mengalami deflasi sebesar 0,21 persen.

Kepala BPS Jateng Adhi Wiriana mengatakan deflasi atau penurunan harga yang terjadi itu berlaku pada kelompok bahan makanan, dan juga tarif tiket penerbangan. Pernyataan itu dikatakan saat menyampaikan pergerakan laju deflasi secara virtual, kemarin.

Menurut Adhi, setelah beberapa bulan Jateng mengalami inflasi saat ini terjadi deflasi di provinsi ini dengan angka yang cukup besar. Turunnya sejumlah harga bahan makanan maupun non bahan makanan, terjadi di beberapa kota yang dilakukan survei BPS.

Adhi menjelaskan, deflasi tertingii terjadi di Kota Tegal sebesar 0,64 persen disusul Kabupaten Cilacap sebesar 0,55 persen dan Purwokerto serta Kota Semarang masing-masing sebesar 0,44 persen. Sedangkan Kabupaten Kudus mengalami deflasi sebesar 0,31 persen dan Kota Surakarta paling rendah hanya 0,06 persen.

“Salah satu penyebabnya adalah deflasi yang terjadi pada komoditas hortikultura. Terutama bawang merah, cabai merah dan juga cabai rawit di mana harganya saat ini terjadi penurunan. Bawang merah maupun cabai merah karena beberapa sentra produksi di Jawa Tengah terjadi penurunan harga, karena memang saat ini sedang musim panen besar. Cabai merah dan cabai rawit ternyata pasokan maupun distribusi saat ini distribusinya relatif terjaga,” kata Adhi.

Lebih lanjut Adhi menjelaskan, momentum penurunan harga komoditas tetap harus dijaga. Sebab dilihat dari laju inflasi bulan ke bulan, saat ini inflasi Jateng sudah mencapai level psikologis.

“Inflasi tahun kalender 2022 mencapai 3,87 persen, dan inflasi tahun ke tahun mencapai 5,03 persen,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKrisis Pangan Tengah Mengancam Dunia, Apa Kabar Food Estate?
Artikel selanjutnyaJPPR Jateng Siap Awasi Pemilu 2024