Jumlah Kendaraan di Indonesia Masih Kalah Jauh Dibanding Negara Tetangga

Pameran mobil di GIIAS 2022
Pameran mobil di GIIAS 2022 untuk meningkatkan penjualan kendaraan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Rasio kepemilikan kendaraan yang ada di Indonesia, masih kalah jauh bila dibandingkan Malaysia dan Thailand. GAIKINDO berharap, pameran otomotif yang digelar di akhir tahun akan mampu menggenjot penjualan kendaraan di Tanah Air.

Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara mengatakan rasio kepemilikan kendaraan di Thailand mencapai 275 mobil per seribu orang dan di Malaysia 400 mobil per seribu orang. Sementara populasi penduduk Indonesia yang cukup banyak, ratio kepemilikan mobil hanya 99 mobil per seribu orang saja. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Hotel Santika Semarang, Rabu (16/11).

Kukuh menjelaskan, melalui penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Marina Convention Center (MCC) selama lima di Kota Semarang akan memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan industri otomotif terbaru. Mengingat, di Jawa Tengah perkembangan industri otomotif terus tumbuh positif.

Menurutnya, pencapaian pertumbuhan penjualan otomotif domestik saat ini di Jateng berada di posisi keempat secara nasional. Yakni, sepanjang periode 2018-2021.

“Kami cukup optimis lewat pameran ini, penjualan kendaraan akan bisa meningkat. Apalagi, industri otomotif di Indonesia masih menarik di mata dunia. Sehingga, pasarnya masih cukup besar,” kata Kukuh.

Lebih lanjut Kukuh menjelaskan, pada penyelenggaraan GIIAS 2022 di Kota Semarang menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari produsen otomotif yang berpartisipasi. Tidak hanya mobil, tetapi juga sepeda motor. Pasar otomotif di Jateng diprediksi memiliki potensi besar untuk terus tumbuh, melalui penyelenggaraan GIIAS di Jateng.

“Pengunjung dapat mencari tahu keunggulan kendaraan yang dipamerkan secara langsung lewat test drive dan test ride. Kami siapkan lintasan sepanjang dua kilometer, mulai dari MCC sampai jalan Marina Raya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJateng Kembangkan 2.353 Desa Mandiri Energi
Artikel selanjutnyaPopulasi Dunia Mencapai 8 Miliar Jiwa, Bagaimana Mengantisipasi Berbagai Ancamannya terhadap Lingkungan?
Wartawan senior Radio Idola Semarang.