Kadin Didorong Kenalkan e-catalog ke UMKM

Seorang pelaku UMKM sedang menyelesaikan produk buatannya.
Seorang pelaku UMKM sedang menyelesaikan produk buatannya.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemerintah mendorong Kadin Kota Semarang, untuk memakai produk dalam negeri terutama milik pelaku UMKM. Tujuannya, agar mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi mengatakan Kadin Kota Semarang juga diminta mengajak pelaku UMKM, untuk memanfaatkan pengadaan barang dan jasa melalui sistem e-catalog. Pernyataan itu dikatakan saat kunjungan ke Kota Semarang, kemarin.

Menurutnya, sistem e-catalog dalam pengadaan barang dan jasa lebih transparan. Diharapkan, mampu mendorong pembelanjaan di dalam negeri.

Hendi menjelaskan, upaya tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah UMKM menghadapi ancaman resesi ekonomi global. Dengan memasarkan produk di dalam negeri, maka mampu bertahan di tengah isu ancaman resesi global. Sebab, potensi pasar domestik cukup besar.

“UMKM-nya porsinya harus semakin banyak, vokasinya harus semakin banyak. Maka fokus bapak presiden adalah UMKM dan koperasi ini supaya ditingkatkan bisa masuk di e-catalog. Sehingga, ada segmen pasar yang kemudian mereka bisa melakukan komunikasi dengan kementerian dan lembaga termasuk pemerintah daerah supaya ada peningkatan transaksi ekonomi,” kata Hendi.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Kadin Kukrit Suryo Wicaksono menambahkan, Kadin di daerah bisa dikebut untuk memetakan UMKM yang bisa diajak berlari kencang naik kelas.

“Awal Desember nanti, Kadin akan menandatangani kerja sama dengan LKPP terkait penyertaan KTA Kadin untuk pengadaan barang jasa di seluruh Indonesia,” ujar Kukrit. (Bud)

Artikel sebelumnyaPerayaan HUT Ke-65 Astra di Bali Hadirkan Festival Kesehatan Astra 2022
Artikel selanjutnyaRepublik Cheko Siap Kerja Sama Dengan Pemprov Jateng di Berbagai Bidang
Wartawan senior Radio Idola Semarang.