Kembangkan Pertanian Hidroponik, Pemuda di Tegal Ini Raup Rezeki Melimpah

Firmansyah
Firmansyah saat memeriksa tanaman hidroponik miliknya di green house.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemuda asal Kecamatan Bojong di Kabupaten Tegal mengembangkan pertanian hidroponik, dan saat ini sudah mampu meraup rezeki melimpah. Bahkan, hasil dari pertanian hidroponik itu mampu menyantuni anak yatim dan menggandeng pemuda lainnya menjadi petani.

Adalah Firmansyah, saat ditemui di green house miliknya itu mengembangkan pertanian hidroponik di lahan rumahnya. Bahkan, di tempatnya juga dijadikan kedai kopi untuk membagikan inspirasi menjadi petani hidroponik bagi pemuda desa lainnya.

Menurut Firman, saat ini sudah ada sekira 25 pemuda yang dirangkul untuk menjadi petani milenial dan mengembangkan pertanian organik.

Firman menjelaskan, saat ini pihaknya juga sudah banyak mendapatkan pesanan dalam pembuatan instalasi pertanian hidroponik.

“Masyarakat bisa tahu tentang edukasi pertanian milenial masa kini seperti di hidroponik, yang asal mulanya masyarakat itu belum tahu tentang pertanian milenial sekarang. Bagaimana sih cara bertani milenial atau budidaya hidroponik,” kata Firman.

Lebih lanjut Firman menjelaskan, untuk hasil panen dari pertanian hidroponik miliknya itu sudah menembus pasar modern di wilayahnya maupun ke Kota Tegal. Kebanyakan konsumennya adalah pelaku kuliner, yang memang membutuhkan sayuran segar.

“Yang sekarang lagi saya kembangkan adalah pembuatan herbal. Ini sedang dalam proses pengerjaan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSamsung Experience Store Dekatkan Layanan ke Masyarakat Semarang Wilayah Barat
Artikel selanjutnyaSempat Kolaps, Pengusaha Furnitur di Jepara Ini Mulai Bangkit
Wartawan senior Radio Idola Semarang.