Kendalikan Inflasi Lewat Kerja Sama Antar Wilayah Perbatasan

Petani
Petani Brebes sedang memanen bawang merah.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam upaya menekan dan mengendalikan laju inflasi, maka di antara daerah perbatasan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat bisa saling bekerja sama. Terutama, untuk mengendalikan harga komoditas pangan penyumbang inflasi.

Ketua Sekretarian Kerja KUNCI BERSAMA Acep Purnama mengatakan sesuai perintah Presiden Joko Widodo, maka upaya pengendalian inflasi bisa dilakukan dengan kerja sama antardaerah perbatasan. Utamanya di wilayah Jateng-Jabar. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantor gubernur Jateng, kemarin.

Acep yang juga menjabat sebagai Bupati Kuningan menjelaskan, daerah di wilayah perbatasan Jateng-Jabar bisa saling bekerja sama mengendalikan inflasi. Melalui KUNCI BERSAMA, maka setiap daerah akan memanfaatkan ruang-ruang yang bisa menurunkan laju inflasi.

Menurutnya, wilayah perbatasan Jateng-Jabar yang bisa bekerja sama adalah Kabupaten Brebes dan Cilacap dengan tujuh daerah di wilayah Jabar.

“Hanya dengan Kunci Bersama ini bagaimana kita akan memanfaatkan ruang-ruang yang bisa membuat menurunnya angka inflasi. Misalnya pemanfaatan produk-produk unggulan daerah,” kata Acep.

Acep Purnama, Ketua Sekretarian Kerja KUNCI BERSAMA:

Lebih lanjut Acep menjelaskan, kerja sama yang bisa dilakukan misal di Kabupaten Kuningan terdapat pabrik tape ketan tapi bahan beras ketan diambil dari Brebes. Sedangkan di Brebes ada sentra bawang merah, dan di Kuningan terdapat pabrik pembuatan bawang goreng.

“Kerja sama ini juga bisa mendorong peningkatan perekonomian daerah. Setiap komoditas yang dimiliki satu daerah, akan dibantu dipasarkan ke daerah lain,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemerintah Kucurkan DID untuk Kendalikan Inflasi di Daerah, Bagaimana Mestinya Pengorganisasian Antara Pusat dan Daerah agar Optimal?
Artikel selanjutnyaPertanian Sorgum Lebih Menguntungkan Dibanding Jagung