Lebih Dari 12 Ribu Orang Daftar Sebagai Panwaslu Kecamatan

Pendaftaran calon panwaslu
Petugas menerima berkas pendaftaran calon panwaslu kecamatan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bawaslu Jawa Tengah secara resmi menutup masa pendaftaran seleksi panwaslu kecamatan, untuk Pemilu 2024 mendatang. Masa pendaftaran dan penerimaan berkas calon panwaslu kecamatan, diketahui dibuka sejak 21 September 2022 kemarin.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan pada 27 September 2022 kemarin, masa pendaftaran dan penerimaan berkas seleksi calon panwaslu kecamatan resmi ditutup. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, kemarin.

Rofi menjelaskan, dari 35 kabupaten/kota se-Jateng itu ada 12.049 orang pendaftar yang tersebar di 576 kecamatan. Jumlah pendaftar panwaslu di masing-masing kecamatan bervariasi, dan nantinya hanya akan dilantik tiga orang sebagai panwaslu.

Menurut Rofi, dari 12.049 orang yang melamar menjadi panwaslu kecamatan itu didominasi laki-laki sebanyak 7.842 orang dan sisanya perempuan.

“Selama tujuh hari masa pendaftaran itu ada 12 ribu orang yang mendaftarkan diri sebagai panwaslu kecamatan. Kami dari Bawaslu Jawa Tengah menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada warga yang telah berpartisipasi untuk ikut mendaftar sebagai panwaslu kecamatan. Bawaslu di kabupaten/kota tentu akan melanjutkan proses-proses berikutnya,” kata Rofi.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, nanti proses berikutnya diserahkan masing-masing Bawaslu kabupaten/kota untuk penelitian administrasi dan seterusnya. Penelitian administrasi kelengkapan berkas, dimulai 28 September hingga 30 September 2022.

“Hasil penelitian kelengkapan berkas ini akan menentukan pada tahapan proses seleksi berikutnya,” pungkasnya. (bud)

Artikel sebelumnyaKetika kini anak muda lebih suka “pemimpin jujur dan antikorupsi” daripada “pemimpin merakyat dan sederhana”, ini mengindikasikan apa?
Artikel selanjutnyaFO Ganefo 3 Hari Dilakukan Uji Coba Laik Fungsi
Wartawan senior Radio Idola Semarang.