Listrik Karimunjawa Sudah 24 Jam Warga Sekarang Bisa Tertawa

Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas ESDM Jateng.
Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas ESDM Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kebutuhan listrik di Karimunjawa di Kabupaten Jepara sekarang sudah 24 jam, dan menerangi aktivitas masyarakat di malam hari. Harapannya, produktivitas masyarakat Karimunjawa bisa meningkat.

Kepala Dinas ESDM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan seluruh wilayah di Karimunjawa, dipasok energi listrik yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Hotel Gumaya, baru 8aru ini.

Sujarwanto menjelaskan, penggunaan PLTS di Karimunjawa sebagai salah satu dalam upaya meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT).

“Karimunjawa semuanya sekarang sudah 24 jam, dan sudah dioperakan PLN. Basisnya surya dan sudah 24 jam. Mudah-mudahan bila terjadi permasalahan atau kekurangan dari surya, maka akan diambilkan dari genset,” kata Sujarwanto, kemarin.

Lebih lanjut Sujarwanto menjelaskan, langkah tersebut diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat di Karimunjawa mendapatkan listrik selama 24 jam.

“Kalau pakai PLTS di Karimunjawa sudah lama ada, tapi kalau pas rusak itu yang menyulitkan,” jelasnya.

Diketahui, Pemprov Jateng gencar melakukan kampanye pemanfaatan EBT hingga ke daerah pelosok di Jepara. Pemanfaatan tenaga surya di Jateng merupakan insiatif Central Java Solar Province. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Akhir Tahun, Harga Kepokmas Mulai Tunjukkan Tren Kenaikan
Artikel selanjutnyaGempa Cianjur, Disaster Management Center Dompet Dhuafa Langsung Terjunkan Tim Respons Cepat
Wartawan senior Radio Idola Semarang.