Memahami Petir bersama Prof I Made YN dari ITS Surabaya

I Made Yulistya Negara
Prof. Dr. Eng. I Made Yulistya Negara, S.T., M.Sc. Guru Besar Teknik Elektro Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas-FTEIC Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. (Photo dok Made)

Surabaya, Idola 92.6 FM – Cuaca ekstrem masih melanda sejumlah wilayah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti agar kita selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan petir.

Lalu, apa sebenarnya petir? Apa saja yang terkandung dalam aliran petir? Mengapa pohon (tanaman)/manusia yang terkena sambaran petir bisa gosong. Bahkan, bisa sampai meninggal dunia. Kapan petir bisa muncul, dan seberapa bahayanya? Apakah ada penangkal petir secara alami?

Petir Menyambar Trafo Listrik
Petir Menyambar Trafo Listrik. (Photo/Istimewa)

Selengkapnya, mengenal lebih jauh tentang petir, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Prof Dr Eng I Made Yulistya Negara, S.T., M.Sc, Guru Besar Teknik Elektro Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaEntaskan Kemiskinan, PLN Bersama ESDM Bantu Listrik Gratis di Banyumas
Artikel selanjutnyaBagaimana Mengantisipasi Polarisasi Jelang Pemilu 2024?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang