Mengenal Bu Isop Sopiah, Suluh Bagi Anak Keluarga Kurang Mampu dari Garut

Isop Sopiah
Isop Sopiah Guru/Suluh bagi anak keluarga kurang mampu dari Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut Jawa Barat. (Photo dok Isop)

Garut, Idola 92.6 FM – Saat kecil, sosok ini pernah merasakan bagaimana sulitnya mengakses pendidikan karena terkendala infrastruktur. Pengalaman itu membuat ia makin peduli dengan dunia pendidikan hingga akhirnya, ia pun mendirikan sekolah gratis bagi anak dari keluarga kurang mampu.

Sosok itu adalah Isop Sopiah, suluh bagi anak keluarga kurang mampu dari Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut Jawa Barat.

Saat ini, bu Isop mengelola 11 fasilitas pendidikan mulai dari kelompok bermain, madrasah, hingga taman pendidikan dengan jumlah siswa lebih dari 500 anak.

Kegiatan Sekolah Isop Sopiah
Kegiatan anak-anak Kelompok Bermain (Kober) Al Fatmah di Desa Sukaresmi Kabupaten Garut Jawa Barat. Kober Al Fatmah merupakan salah satu tempat belajar rintisan Isop Sopiah. (Photo dok Isop)

Meski tak ada kursi dan meja belajar di ruangan dan hanya beralas tikar tapi anak-anak tak patah semangat. Itulah sebagian gambaran kesederhanaan ruang kelas di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muttaqin 82 Kampung Sinderang Legok Desa Cintanagara Kecamatan Cigedug Garut. “Anak-anak tak pernah membandingkan fasilitas sekolah ini dengan tempat lain, karena memang ini satu-satunya fasilitas di desa kami,”tutur Isop kepada radio Idola, pagi (06/06) tadi.

Di ruang serba terbatas ini, Isop bersama delapan pengajar lainnya mencurahkan pendidikan untuk anak-anak. Meski jauh dari rasa nyaman, ruang kelas ini terasa hangat dengan aktivitas kelas yang hidup.

Kegiatan Sekolah Isop Sopiah
Kegiatan anak-anak Kelompok Bermain (Kober) Al Fatmah di Desa Sukaresmi Kabupaten Garut Jawa Barat. Kober Al Fatmah merupakan salah satu tempat belajar rintisan Isop Sopiah. (Photo dok Isop)

Isop Sopiah lahir di Garut, 25 Juni 1993. Pendidikan: PGMI Universitas Garut (lulus 2015). Jabatan: Kepala MI Al-muttaqin 82 (2016-sekarang), Kepala SMA Islam Terpadu Asy-Syakur Pasirwangi (2019-sekarang), dan Ketua Yayasan Shofful Muttaqin 99 (2019-sekarang).

Selengkapnya inilah wawancara radio Idola Semarang dengan Isop Sopiah, suluh bagi anak keluarga kurang mampu dari Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut.(yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDua Siswa SD Terima Hadiah Sepeda Dari Polisi
Artikel selanjutnyaBagaimana Mendorong Pemda Agar Memprioritaskan Alokasi Belanja APBD untuk Belanja Produk Lokal?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang