Mengenal Reza Mulyana, Petani Milenial Pemulia Avokad asal Garut

Reza Mulyana
Reza Mulyana dengan bibit avokad Sindangreret Garut. (Photo dok Reza)
Tanaman Avokad Sindangreret di Pot
Pohon Avokad Sindangreret bisa ditanam di pot. (Photo dok Reza)

Garut, Idola 92.6 FM – Seorang petani milenial bernama Reza Mulyana kembali membangkitkan avokad Sindangreret Garut. Ia bermimpi suatu saat nanti, avokad Sindangreret juga menjadi buah andalan dari Kabupaten Garut, Jawa Barat, seperti jeruk Garut. Terlebih rasa avokad Sindangreret tak kalah dengan avokad lainnya.”Daging avokad rasanya gurih, tebal dan bijinya kecil,”terang pemuda lulusan Universitas Garut ini.

Dimulai sejak akhir 2019, Reza Mulyana membudidayakan benih-benih indukan sehingga avokad Sindangreret bisa menjadi pilihan menarik bagi para petani buah. Ketua Asosisasi Produsen Benih Tananaman Buah Kabupaten Garut ini memulainya dengan pemuliaan bibit avokad. Hamparan bibit avokad Sindangreret ada di belakang rumah kakeknya di Kampung Sindangreret Desa Karangpawitan Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut.

Ketertarikan Reza terhadap avokad Sindangreret sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya. Dia menyadari avokad ini belum mendapat perhatian. Padahal, keistimewaannya diakui Kementerian Pertanian selama lebih dari satu dasawarsa. Pemilik avokad ini adalah kakek Reza. Namun karena kakeknya sedang membudidayakan bibit jeruk sehingga tanaman avokad terabaikan.

AvogaGarut

Selengkapnya, mengenal avokad Sindangreret dan bagaimana upaya memuliakannya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Reza Mulyana, Petani Milenial Pemulia Avokad asal Desa Karangpawitan Kabupaten Garut Jawa Barat. (yes/ her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaSeorang Wanita Jadi Otak Perampokan di Semarang
Artikel selanjutnyaPertamina Bagikan 8 Ribuan Paket Daging Kurban ke Warga Jateng-DIY

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini