Mengenal Fibriantoni, Perawat Spesies Kantong Semar dari Palangkaraya

Fibriantoni
Fibriantoni Perawat Spesies Kantong Semar dari Palangkaraya Kalimantan Tengah. (Photo dok Fibri)

Palangkaraya, Idola 92.6 FM – Fibriantoni dikenal sebagai perawat spesies kantong semar (nepenthes) di Palangkaraya Kalimantan Tengah. Fibri–panggilan akrabnya, tak kenal lelah meski koleksinya pernah terbakar saat rumah yang ditinggali mengalami kebakaran pada 2001.

Tak hanya spesies kantong semar, Fibri yang suka keluar masuk hutan ini, juga merawat anggrek hutan. Selain hutan di Kalimantan, ia pernah ke hutan daerah Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, dan Lumajang, Jawa Timur. Kepada radio Idola, ia mengatakan mulai mengoleksi anggrek sejak tahun 1994, dan lima tahun berikutnya baru merawat spesies kantong semar. Tak ada alasan khusus mengapa harus menyukai dua tanaman ini. Kecuali karena suka.

Saat ini, Fibri memiliki ratusan pot spesies kantong semar dan anggrek hutan. Semua ia rawat di pekarangan rumahnya. Tak hanya merawat tanaman, ia juga membagikan ilmu kepada siapa saja, yang ingin mengetahui seluk beluk spesies kantong semar dan anggrek hutan. Bagaimana perjalanan Fibri menyukai tanaman hingga bertahan dengan dua jenis tanaman itu?

Fibriantoni
Fibriantoni memberikan pelatihan budidaya anggrek. (Photo dok Fibri)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Fibriantoni, perawat spesies kantong semar (nepenthes) dari Palangkaraya. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDinilai Memuaskan, Bandara Ahmad Yani Diganjar Penghargaan Dari ACI
Artikel selanjutnyaMenyorot Saling Lempar Tanggung Jawab atas Polemik JHT