Mengenal Inovasi Sepeda Listrik dengan Rangka Komposit Bambu karya Mahasiswa UNNES

Tim Unnes
Dalam foto kiri ke kanan: Dr. Wirawan Sumbodo M.T (dosen pembimbing), Arif Budiargo, M. Azziyadatur Rakhman dan Rizki Setiadi S.Pd., M.T. (dosen pembimbing) bersama sepeda listrik dengan rangka komposit bambu. (Photo dok Arif)

Semarang, Idola 92.6 FM – Dua mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) berinovasi membuat sepeda listrik dengan rangka komposit bambu. Dua mahasiswa tersebut Arif Budiargo dan Muhammad Azziyadatur Rakhman dari fakultas teknik.

Sepeda listrik ini dirancang untuk 1 penumpang dengan beban maksimal 100kg. Sepeda ini dilengkapi dengan baterai Lithium ion 36V 15AH dengan daya motor listrik BLDC in-wheel sebesar 350Watt dengan kecepatan maksimum 30km/jam.

Sepeda listrik dengan rangka komposit bambu
Sepeda listrik dengan rangka komposit bambu karya dua mahasiswa Universitas Negeri Semarang Arif Budiargo dan Muhammad Azziyadatur Rakhman dari Fakultas Teknik. (Photo dok Arif)

Menurut Arif, pengambilan bambu sebagai rangka didasarkan karena bambu memiliki sifat yang kuat, mudah didapat, dan mempunyai harga yang terjangkau. “pembuatan sepeda listrik selesai pada Desember 2021,”jelas Arif kepada radio Idola, pagi (15/03) tadi.

Selengkapnya, mengenai inovasi sepeda listrik dengan rangka komposit bambu, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama, Arif Budiargo mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNNES. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPenyelenggara Pemilu, Di Antara Etika dan Kewenangan
Artikel selanjutnyaPegawai Bank Tipu Dana Haji Hingga Rp1,2 Miliar