Mengenal Komunitas Jejak Literasi Bali bersama Ni Kadek Sri Wahyuni

Ni Kadek Sri Wahyuni P
Ni Kadek Sri Wahyuni P (Depik), koordinator komunitas Jejak Literasi Bali. (Photo dok Depik)

Bali, Idola 92.6 FM – Untuk menumbuhkan budaya literasi pada anak-anak sejak usia dini, sekelompok anak muda di Bali menggagas sebuah komunitas literasi. Komunitas itu bernama Komunitas Jejak Literasi Bali.

Jejak Literasi Bali, sebuah komunitas non-formal beranggotakan pemuda-pemudi yang peduli pada pendidikan khususnya budaya literasi (baca dan tulis) pada anak-anak di wilayah pelosok di Bali. Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa menumbuhkan budaya literasi anak-anak sejak usia dini.

Pegiat komunitas Jejak Literasi Bali
Pegiat komunitas Jejak Literasi Bali. (Photo dok Depik)

Komunitas Jejak Literasi Bali dibentuk pada 2019 oleh Andika Wirateja. Berbeda dengan komunitas berbasis pendidikan lainnya dalam komunitas ini kegiatan volunteering mengajar diisi juga dengan membuat pojok baca atau bedah perpustakaan. Program ini dilakukan agar anak-anak dapat nyaman membaca dan menulis sehingga anak-anak akan terbiasa membaca dan menulis. Kegiatan komunitas juga didukung dengan program membaca sambil bermain seperti mendengarkan cerita dongeng, menulis bintang harapan, dan lain-lain.

Pegiat komunitas Jejak Literasi Bali
Pegiat komunitas Jejak Literasi Bali. (Photo dok Depik)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ni Kadek Sri Wahyuni P, Koordinator Komunitas Jejak Literasi Bali. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaAntara Masa Lalu vs Masa Depan
Artikel selanjutnyaSakit Hati, Suami Ini Nekat Bunuh Istrinya