Mengenal Komunitas Pegiat Lingkungan Kaliku Bersama Sugeng Widodo

Sugeng Widodo
Sugeng Widodo akrab dipanggil om Gun, pendiri sekaligus ketua Komunitas Kaliku Malang Jawa Timur. (Photo dok Gun)

Malang, Idola 92.6 FM – Komunitas Kaliku punya cara unik untuk merawat Sungai Anak Metro yang berada di Desa Pakisaji Kabupaten Malang Jawa Timur. Berawal dari banyaknya sampah di sungai, membuat Sugeng Widodo warga Desa Pakisaji beraksi.

Sugeng Widodo yang akrab dipanggil om Gun membersihkan sampah rumah tangga yang dibuang di kali tersebut.

”Karena kali kotor banget, saya bersihkan sendiri. Akhirnya banyak yang ikut,” tutur om Gun saat bercerita kepada radio Idola Semarang, pagi (14/09) tadi.

Awal membersihkan kali
Om Gun pada awal membersihkan kali yang penuh sampah di Desa Pakisaji Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. (Photo dok Gun)

Melihat hal itu, om Gun yang juga Ketua Komunitas Kaliku terus membersihkan sampah-sampah di kali tanpa kenal lelah. Tujuannya agar kali kembali bersih.

”Paling banyak sampah pampers, padahal dulu, kali itu tempat orang tua wudu, mandi, sekarang malah dibuat pembuangan sampah,” tambah om Gun.

Sugeng Widodo Kegiatan
Kegiatan bersama komunitas Malang Raya. (Photo dok Gun)

Meski awalnya dikatain gila dan dicibir tapi karena konsisten dan semesta mendukung, apa yang dikerjakan berbuah juga.

”Kami dapat nominasi pertama Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” tutur om Gun.

Kini sampah yang dikumpulkan sudah ditata. Dilokalisir. Dan menjadi tempat jogging track. Bantaran sungai sudah dipaving dengan bantuan dana dari bank nasional.

Selengkapnya, mengenal Komunitas pegiat lingkungan Kaliku yang berbasis di Desa Pakisaji Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang Jawa Timur, berikut ini wawancara Radio Idola Semarang bersama Pendiri sekaligus Ketua Komunitas Kaliku, Sugeng Widodo. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: