Dinas ESDM Jateng Salurkan 270 Digester Biogas

Sudjarwanto Dwiatmoko
Sudjarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas ESDM Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas ESDM Jawa Tengah menyalurkan bantuan sebanyak 270 Digester Biogas, yang tersebar di seluruh kabupaten/kota sejak 2018 lalu. Program tersebut dimaksudkan, untuk mewujudkan kedaulatan energi dari tingkat desa.

Kepala Dinas ESDM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan pemprov sudah mencanangkan mewujudkan kedaulatan di bidang ekonomi, energi, air dan pangan. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Sujarwanto menjelaskan, bantuan Digester Biogas merupakan salah satu upaya program guna mendukung kedaulatan energi. Sehingga, desa-desa bisa mandiri energi dan menggunakan energi dari potensi yang dimiliki.

Menurutnya, program energi baru terbarukan (EBT) itu akan membangun kekuatan energi dari potensi sumber daya alam atau dari limbah.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu berdikari. Mampu membangun kekuatan energi dari potensi sumber daya alam yang kita miliki. Salah satunya yang kita kembangkan dan disebut dengan biogas, yang berasal dari kotoran ternak maupun limbah industri rumah tangga yang berpotensi untuk menghasilkan biogas,” kata Sujarwanto.

Sudjarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas ESDM Jateng:

Lebih lanjut Sujarwanto menjelaskan, sejak 2018 sampai 2021 kemarin total Digester Biogas yang disalurkan sebanyak 157 unit. Sedangkan di tahun ini bertambah 113 unit.

“Pada tahun 2021 kemarin, kita mulai pemberdayaan peternak dan industri rumah tangga tahu. Jadi, sekarang sudah banyak yang meminta untuk biogas,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Komunitas Pegiat Lingkungan Kaliku Bersama Sugeng Widodo
Artikel selanjutnyaSosok Waldjinah Bakal Diangkat Jadi Film