Mengenal Paman Gery, Sang Pendongeng dari Jakarta

Paman Gery
Gery Saleh Melawadi akrab disapa Paman Gery, Pendongeng/pendiri Teman Cerita. (Photo dok Gery)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Gery Saleh Melawadi atau akrab disapa Paman Gery, sejak 1991 menggeluti dunia dongeng. Ia setia menghadirkan ratusan dongeng yang ramah anak. Menurut pendiri Teman Cerita ini, melalui dongeng juga bisa menanamkan pendidikan karakter sekaligus kebahagiaan bagi anak-anak.

Gery merasakan titik balik dalam kehidupannya saat dia mulai memasuki dunia storyteller. Pengalaman diminta saudara untuk mengisi acara ulang tahun anaknya, merupakan titik balik yang membawanya menuju dunia dongeng.”Awalnya diminta mengganti pengisi acara ulang tahun, setelah itu kepikiran bagaimana jika ini bisa menghasilkan uang,” tutur Gery yang pernah menjadi penyiar di Masima Radio Network, Jakarta, kepada radio Idola pagi (15/06) tadi.

Paman Gery mendongeng
Paman Gery mendongeng depan anak-anak SD Gunung 01 Jakarta. (Photo dok Gery)

Gery yang menjadi salah satu pemimpin di Federation of Asian Storytellers (Feast) ini mengatakan kita harus ada “bonding” dengan anak-anak. Ketika saat ini bermunculan pendongeng muda, ia pun tak khawatir akan tersaingi. Bahkan ia berharap, ke depan sudah tidak ada lagi pendongeng karena setiap orang tua harus “mampu” mendongeng untuk anak-anaknya.

Paman Gery mendongeng
Tak pernah lelah berbagi cerita dan menginspirasi anak-anak. Paman Gery sedang mendongeng depan anak-anak di RS Kanker Dharmais Jakarta. (Photo dok Gery)

Di awal mendongeng pada tahun 1991, ia langsung menyabet penghargaan sebagai Juara Lomba Dongeng Nasional, Jakarta. Disusul kemudian, menjadi pembawa Programa Radio Terbaik dengan Dongeng Anak PRSSNI pada 2011.

Paman Gery mendongeng
Anak-anak dari Yayasan Panti Asuhan anak-anak yatim piatu di Cisalak antusias mendengar cerita Paman Gery Pendiri Teman Cerita. (Photo dok Gery)

Bagaimana perjalanan mendongeng Paman Gery?. Selengkapnya berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Gery Saleh Melawadi atau akrab disapa Paman Gery Pendongeng/pendiri Teman Cerita dari Jakarta. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMendorong Pemerintah dan DPR untuk Membuka RKUHP Agar Bisa Diikuti Rakyat
Artikel selanjutnyaPP Penempatan dan Pelindungan ABK Terbit, Tiga Mantan ABK Perikanan Cabut Gugatan di PTUN Jakarta