Mengenal Taman Bermain “Kebun Kita” Wonosobo bersama Sugih Sedulur

Sugih Sedulur
Sugih Sedulur akrab dipanggil Pak Ogeh, penggagas taman bermain “Kebun Kita” yang terletak di Jalan Ki Hajar Dewantoro Km 1 Wonosobo Timur Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Taman bermain ini memanfaatkan energi surya. (Photo dok Ogeh)

Wonosobo, Idola 92.6 FM – Untuk menciptakan ruang bermain serta tempat tinggal yang ramah dengan lingkungan, Sugih Sedulur menggagas “Kebun Kita” di Kabupaten Wonosobo. Taman bermain Kebun Kita terletak di Jalan Ki Hajar Dewantoro KM 1 Wonosobo Timur Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

“Idenya kami kehabisan tempat bermain, dari 2010-2012 banyak di Wonosobo yang dijadikan tempat wisata dadakan. Hobi saya camping, dulu ikut pramuka jadi buatlah taman bermain ini,” tutur Ogeh panggilan akrab Sugih Sedulur kepada radio Idola, pagi (06/10) tadi.

Flying Fox
Pengunjung sedang menikmati flying fox, salah satu fasilitas permainan yang ada di taman bermain “Kebun Kita” Wonosobo. (Photo dok Ogeh)

Ogeh menambahkan karena di lokasi Kebun Kita, tidak ada aliran listrik maka buatlah kami energi surya untuk operasional taman.

”PLN belum mengadakan trafo dekat Kebun Kita, mungkin biayanya terlalu besar,” tutur pria yang mengajak kakak dan adiknya dalam mengembangkan taman Kebun Kita.

Rappelling dan Flying Fox
Anak-anak SMA melakukan kegiatan rappelling dan flying fox di taman bermain “Kebun Kita” Wonosobo. (Photo dok Ogeh)

Kebun Kita memanfaatkan energi surya. Seluruh energi di taman bermain yang didirikan sejak tahun 2013 lalu itu menggunakan energi surya. Hingga akhirnya pada 2018, Ogeh melibatkan energi listrik PLN untuk tenaga operasional taman bermain.

Taman bermain seluas 2.000 meter persegi dan terletak di areal perbukitan ini, mempunyai banyak fasilitas seperti lokasi berkebun, beternak, flying fox, jembatan tali, serta arena berkemah.

Berkebun
Siswa SD mengenal alam dan belajar berkebun di taman bermain “Kebun Kita” Wonosobo. (Photo dok Ogeh)

“Anak-anak sekolah yang datang untuk belajar, mungkin belajar nanam, dan lebih mengenal alam,” tambah Ogeh.

Selengkapnya, mengenal taman bermain Kebun Kita Wonosobo berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Sugih Sedulur (Ogeh), penggagas taman bermain Kebun Kita di Wonosobo. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaInflasi Tahunan Jateng Tembus  6,40%
Artikel selanjutnyaBagaimana Mengelola dan Memanfaatkan Fanatisme Supporter?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang