Mengenal Witnowati, Sosok Bidan Desa Peduli Pendidikan dari Cibodas

Bidan Witnowati
Bidan Witnowati akrab dipanggil bidan Wiwied warga Desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pendiri klinik bersalin dan perawatan bagi ibu hamil Klinik Pratama Wiwied Arsari. Wiwied juga mendirikan PAUD Kartini dan Sanggar Seni. (Photo dok Wiwied)

Cibodas, Idola 92.6 FM – Bidan Witnowati, warga Desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mendirikan klinik bersalin dan perawatan bagi ibu hamil Klinik Pratama Wiwied Arsari. Di klinik ini, ia mempekerjakan sekitar 15 orang yang membantu di kliniknya. Tidak hanya mendirikan klinik, bidan Wiwied juga mendirikan PAUD dan sanggar seni yang ditujukan bagi keluarga kurang mampu.

PAUD Kartini didirikan pada 2008. Sekolah ini dibangun sebagai tempat bermain bagi anak-anak belia yang belum mengecap pendidikan formal. PAUD Kartini merupakan kelompok bermain yang sebagian besar dikhususkan bagi warga kurang mampu. Biaya digratiskan dari uang pendaftaran hingga fasilitas PAUD, kecuali seragam. Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini BOP dari Kemendikbud.

Bidan Wiwied
Bidan Wiwied bersama ibu yang baru melahirkan. (Photo dok Wiwied)

Setelah PAUD, ia juga mendirikan pendopo seni “Sanggar Seni Sunda Sabilulungan” yang dikhususkan bagi anak-anak muda usia 10–17 tahun di sekitar Cibodas. Jumlah siswa-siswi yang tergabung di dalam sanggar itu sekarang 50 anak. Harapannya, ketika sudah lulus sanggar, anak-anak itu bisa bekerja di industri wisata.

Bidan Witnowati
Suasana sekolah PAUD Kartini. Sekolah ini didirikan bidan Wiwied bagi keluarga kurang mampu.(Photo dok Wiwied)

Berkat usaha keras dan ketekunannya dalam memperjuangkan kesehatan warga, pada 2006 ia mendapat penghargaan Hermann Gmeiner dari lembaga internasional SOS Children’s Village, sebuah organisasi nirlaba nonpemerintah yang mendukung hak-hak anak di Kota Innsbruck Austria. Wiwied pun berhak atas hadiah uang sebesar 15 ribu euro atau sekitar Rp180 juta.

Sanggar Seni Sunda Sabilulungan
Anak-anak Sanggar Seni Sunda Sabilulungan sedang menari. Menurut bidan Wiwied, anak alumni sanggar dapat prioritas untuk bekerja di industri wisata. Sedangkan anak yang masih belajar, saat ini sudah dilibatkan pertunjukkan di Fairy Garden The Lodge Group untuk menambah percaya diri anak-anak. (Photo dok Wiwied)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Bidan Witnowati, warga Desa Cibodas Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat, pendiri klinik bersalin dan perawatan bagi ibu hamil Klinik Pratama Wiwied Arsari serta PAUD Kartini, dan Sanggar Seni Sunda Sabilulungan. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBagaimana Mengantisipasi Ancaman Krisis Pangan Akibat Invasi Rusia ke Ukraina?
Artikel selanjutnyaPertamina Kenalkan BBM Berkualitas ke Masyarakat Kebumen
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang