Mengenal Yulianto, Pegiat Literasi dari Grobogan

Yulianto
Yulianto Pegiat Literasi dan pendiri Rumah Baca Bintang dari Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. (Photo dok Yulianto)

Grobogan, Idola 92.6 FM – Pada mulanya, keinginan membuat rumah baca di rumahnya ditentang oleh orang tua. Namun, hal itu tak membuat sosok satu ini patah semangat. Ia tetap kekeuh dan bertekad mendirikan rumah baca untuk anak-anak di lingkungannya. Hingga akhirnya, mimpinya pun terwujud bahkan mendapat apresiasi secara nasional.

Sosok itu adalah Yulianto, pegiat literasi dan pendiri Rumah Baca Bintang dari Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Rumah Baca Bintang dirintisnya sejak pertengahan 2011. Saat ini ribuan buku bacaan, sudah bisa dinikmati oleh masyarakat, anak-anak.

Yulianto tak mau hanya menunggu anak-anak datang ke rumah baca, tapi ia melakukan jemput bola. Ia mendatangi daerah-daerah yang berada di pelosok Grobogan dengan membawa puluhan buku. Tak hanya membawa buku, ia pun juga mendongeng untuk anak-anak. Semua bertujuan untuk mendekatkan akses masyarakat ke buku.

Yulianto
Yulianto pendiri Rumah Baca Bintang sedang mendongeng di depan anak-anak. (Photo dok Yulianto)

Agar pengenalan literasi ke masyarakat tidak setengah-setengah, ia pun berani melepaskan pekerjaan sebagai pustakawan di sebuah sekolah. Ia memilih untuk mengabdikan diri bagi dunia literasi dan mempelajari kemampuan baru yakni mendongeng.

Rumah baca dan mendongeng, kini menjadi kegiatan sehari-hari Yulianto. Dari mendongeng inilah, ia mendapat honor untuk membiayai rumah baca. Bahkan keuletannya membawa dia mendapat Penghargaan: Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards bidang pendidikan tahun 2021 dari PT Astra Internasional.

Yulianto
Yulianto pendiri Rumah Baca Bintang usai berkegiatan di salah satu sekolah dasar di kecamatan Pulokulon Grobogan. (Photo dok Yulianto)

Yulianto lahir di Grobogan, 19 Juli 1990. Ia mengenyam pendidikan di Universitas Terbuka Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Yulianto Pegiat Literasi dan Pendiri Rumah Baca Bintang dari Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMengenal “S&S” Abon dari Kulit Pisang Inovasi Tim Mahasiswa ITS Surabaya
Artikel selanjutnyaMembaca Dampak Larangan Ekspor Gandum India bagi Indonesia
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang