Ngobrol Bareng Hendrar Prihadi, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa

Hendrar Prihadi
Hendrar Prihadi, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa. (Photo/Istimewa)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Hendrar Prihadi, mantan Wali Kota Semarang, baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) periode 2022-2027 pada Senin 10 Oktober 2022.

Hendrar Prihadi menggantikan posisi Abdullah Azwar Anas yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada 7 September 2022 lalu. Azwar Anas menjabat sebagai Menpan RB untuk mengisi posisi yang ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo.

Capaian ini tentunya membanggakan tidak hanya bagi Wali Kota Semarang tetapi juga bagi warganya. Maka, tak berlebihan, jika dalam beberapa ucapan atau karangan bunga, ada yang menulis, warga Kota Semarang bangga atas dilantiknya Wali Kota Semarang sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP). Dari Semarang untuk Indonesia.

Hendrar Prihadi lahir dan tumbuh di Kota Semarang pada 3 Maret 1971. Dia adalah putra bungsu dari 10 bersaudara pasangan Sunarso dan Sutarmi.Sang ayah, Sunarso merupakan tentara dengan pangkat terakhir Kapten.

Sebelumnya, saat menjabat Wali Kota Semarang, Hendi meraih sejumlah prestasi membanggakan. Sejumlah penghargaan pernah diraih, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya adalah gelar Wali Kota Terbaik Asia dalam Asia Global Award 2019. Acara itu diselenggarakan oleh Asia Global Council.

Selain itu, Kota Semarang yang dipimpin Hendi juga sempat mendapatkan penghargaan Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara pada 2020. Penghargaan itu diberikan dalam ajang ASEAN Tourism Forum 2020.

Semarang juga sempat mendapatkan gelar sebagai Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)sejak 2017 hingga saat ini. Keberhasilan Hendrar Prihadi memimpin Kota Semarang itu pun membuat dia disebut sebagai calon kuat Gubernur Jawa Tengah untuk menggantikan rekannya di PDIP, Ganjar Pranowo, yang masa jabatannya akan berakhir pada 6 September 2023. Belakangan dia juga disebut akan diajukan PDIP sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Akan tetapi, Presiden Jokowi justru menarik Hendi untuk menjadi Kepala LKPP.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Hendrar Prihadi, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) periode 2022-2027, pada hari Jumat, 14 Oktober 2022. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPerjuangkan Hak atas Udara Bersih, Warga Meteseh Boja Lapor ke Menteri LHK, Gubernur, dan Bupati
Artikel selanjutnyaRefleksi Hari Parlemen Nasional: DPR, Wakil Rakyat atau Wakil Parpol?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang